Alex Ferguson: Moyes bukan sebuah kesalahan

Lynbet.com – Sir Alex Ferguson menegaskan Manchester United tidak membuat kesalahan dalam menunjuk David Moyes sebagai penggantinya sebagai manajer.

Moyes meninggalkan Everton untuk memimpin di Old Trafford setelah Ferguson pensiun pada 2013 tapi hanya berlangsung selama 10 bulan sebelum dipecat.

Ferguson, yang merekomendasikan Moyes, baru-baru ini menyarankan mantan bos Everton tidak pernah menjadi pilihan pertama tapi membela proses dimana ia ditunjuk.

Sekarang dia telah pergi lebih jauh dengan mengatakan Moyes adalah jelas pilihan yang tepat pada saat keputusan dibuat.

Ferguson mengatakan kepada sebuah film dokumenter BBC: “Saya tidak berpikir kami membuat kesalahan sama sekali. Saya pikir kami memilih seorang pria sepakbola yang baik – [dia] melakukan pekerjaan besar di Everton, memiliki 11 tahun disana. Kami memilih orang yang tepat. Sayangnya itu tidak bekerja untuk David.”

Ferguson juga mengatakan bahwa pemain legenda Ryan Giggs bisa saja menjadi penggantinya sebelum ia pensiun.

Giggs mendapat peranan di bawah Moyes dan kemudian mengambil alih sebagai caretaker manajer setelah mantan bos Everton dipecat pada bulan April 2014. Ia menggantung sepatu pada akhir musim itu dan mengambil peran backroom di bawah manajer baru Louis van Gaal.

Ryan Giggs dan Louis Van Gaal

Ferguson mengatakan: “Jika Ryan Giggs telah pensiun enam atau tujuh tahun yang lalu – mengatakan ia pensiun pada 35, sangat mungkin saya akan membuatnya menjadi asisten saya, dan sangat mungkin ia bisa pindah tepat ke pekerjaan, dengan pengalaman menjadi asisten manajer kepada saya, karena ia membantu Louis van Gaal pada saat ini. Tapi saya tidak akan pernah meminta pemain untuk berhenti.”

Ferguson, yang baru saja merilis buku Kepemimpinan barunya, menyentuh pada sejumlah mata pelajaran lain dan merasa Liverpool mencetak gol bunuh diri ketika mereka tiba di final Piala FA 1996, dimana mereka kalah 1-0 ke United.

Pria 73-tahun itu mengatakan: “Mengapa mereka melakukan itu? saya berkata kepada [asisten] Brian Kidd, ‘1-0!’.

“Saya pikir itu – apa yang Anda sebut itu? – Arogansi atau percaya diri lebih? Saya tidak tahu itu benar-benar konyol. Kemeja biru, dasi merah-putih dan jas putih, dan bunga biru. Siapa yang merancang Mereka bilang itu Armani. Saya yakin penjualannya turun! ”

Ferguson juga diminta untuk memberikan tim bicara motivasi untuk tim Piala Ryder Eropa sebelum pertandingan tahun lalu melawan Amerika Serikat di Gleneagles oleh kapten Paul McGinley.

Detail kecil dari pembicaraan itu dibuat publik pada saat itu, meskipun pemain berbicara tentang efek positif apa yang terbukti seminggu sukses untuk Eropa.

Ferguson mengatakan serta memberitahu para pemain mereka adalah yang terbaik di Eropa, ia juga menggunakan analogi kerja sama tim favorit angsa bermigrasi dalam formasi. Seperti Giggs menegaskan, Ferguson sering berbicara tentang ini dalam pelatihan.

McGinley mengatakan: “Itu menjadi sesuatu yang kami sebutkan beberapa kali selama seminggu. Dan itu adalah kalimat yang biasa kami gunakan – ‘ingat angsa’.

“Yang ironis adalah, ketika kami menang dan mendapatkan foto kita diambil, ini sempurna ‘V’ angsa terbang di atas kepala yang tepat.”