Barcelona Kalahkan Valladolid 1-0

LA LIGA : Barcelona Kalahkan Valladolid 1-0 – Laga pertandingan Vallodalid dengan Barcelona yang diadakan pada tanggal 26 Agustus 2018 dalam ajang Liga Spanyol La Liga di Stadion Nuevo Jose Zorrilla telah berakhir dengan skor 0-1, menang Barcelona.

Dalam laga pertandingan ini meski tim Valladolid yang menjadi pihak tuan rumah dan mendapati hasil kalah, namun mereka patut mendapat pujian karena berhasil membuat tim tamu Barcelona gagal mencetak gol dibabak pertama dan dibabak kedua gawangnya hanya berhasil kemasukkan bola sekali.

Jalan Pertandingan

Dimulai sejak dari awal pertandingan Barcelona yang bermain sebagai tim tandang langsung menguasai permainan. Serangan pertama Barcelona dibawa oleh Dembele akan tetapi bola yang ditembakkan oleh Dembele gagal masuk. Beberapa menit kemudian Valladolid membalas balik, lewat umpan yang dikirimkan Unal kepada Toni Villa, Toni membawa bola masuk kedalam kotak terlarang dan melepaskan tendangan akan tetapi hasilnya juga sama dengan serangan Barcelona sebelumya.

Menit-22 Dembele kembali mengancam gawang tim Valladolid, namun sayang Dembele kembali gagal memasukkan bola karena tendanganya masih melebar dari arah gawang. Babak pertama telah menghabiskan waktu setengah jam dan masih belum ada gol yang berhasil dimasukkan untuk kedua pihak tim. Menjelang akhir babak pertama Barcelona mendapat hadiah bola bebas didekat area kotak, namun kesempatan ini kembali gagal menjadi gol karena bola masih melambung melewati gawang. Beberapa menit kemudian babak pertama diakhiri dengan skor tetap 0-0.

Bermain dibabak kedua kubu Barcelona kembali melancarkan serangan, dari jarak yang cukup jauh Rakitic melepaskan tendangan lambung dan bola berakhir jatuh diatas jaring gawang Valladolid. Beberapa menit kemudian Dembele melepaskan tendangan ke gawang, tetapi bola masih berhasil ditangkap oleh kiper Jordi Masip. Menit-49 tim tuan rumah mendapat sebuah kartu kuning karena Enes Unal yang menginjak kaki Sergi Roberto.

Memasuki menit-57 akhirnya gol pertama dalam laga ini pun berhasil dimasukkan, gol ini dicetak oleh Ousmane Dembele untuk pihak tim Barcelona. Berawal dari umpan jauh yang dikirimkan Jordi Alba ke sisi kanan kotak penalti, tepat diposisi Sergi Roberto menyambut bola dengan sundulannya dan mengarahkan bola kembali ke belakang, tepat dibelakang Dembele menyambut bola dengan tendangan kaki kanannya dan dengan seketika bola masuk kedalam gawang yang menjadikan skor 0-1.

Tidak lama setelah gol ini dimasukkan Barcelona mendapatkan satu kartu kuning untuk Gerard Pique karena telah menjatuhkan Oscar Plano. Memasuki pertengahan babak kedua Lionel Messi bersama dengan Luis Suarez mencoba untuk menggebrak pertahanan tim lawan namun hasilnya gagal. Menit ke-77 giliran kubu Valladolid yang mendapakan peluang, Duje Cop mengirimkan umpan kepada Keko yang berada didalam kotak, dengan baik Keko merespon bola dengan sundulannya, namunn sayang bola berhasil dihetikan oleh kiper Ter Stegen.

Menit ke-81 kubu tuan rumah kembali mendapati peluang untuk menciptakan angka, bermula dari sepak pojok yang dilakukan oleh Toni Villa, Toni mengirimkan bola kedepan gawang, Kiko Olivas melompat tinggi dan hendak menanduk bola akan tetapi Ter Stegen dengan sigap berhasil menangkap bola dan menyelamatkan gawangnya dari ancaman lawan.

Menjelang akhir babak kedua Bercelona memasukkan Coutinho untuk menggantikan Malcom, tidak lama kemudian Valladolid juga mengganti L.A.V. Suarez dengan Daniele Verde. Beberapa saat kemudian pihak tuan rumah berhasil memasukkan gol lewat sundulan Keko, terlihat tim tuan rumah telah merayakan gol tersebut, namun sayangnya perayaan itu harus berakhir dengan rasa kekecewaan karena setelah wasit Ricardo De Burgos Bengoetxea melihat rekaman VAR ia menyatakan gol itu tidak sah karena Keko lebih dulu berada pada posisi offside.

Skor tidak berubah dan waktu babak kedua telah habis, kini pertandingan memasuki masa Injury Time. Memasuki masa Injury Time Barcelona langsung menarik keluar Luis Suarez dan memasukkan Munie El Haddadi. Masa Injury Time telah berjalan selama 5 menit tetapi skor 0-1 ini masih tidak berubah sehingga akhirnya wasit pun mengakhir pertandingan ini dengan bunyi peluit panjang dan menyatakan Barcelona berhasil menjadi pemenang dalam laga ini dengan skor akhir unggul 0-1.  (as)