Belgia Tutup Grup G Dengan 1 Gol Digawang Inggris

KALININGRAD : Belgia Tutup Grup G Dengan 1 Gol Digawang Inggris – Laga penyisihan terakhir Grup G ajang World Cup 2018 antara Inggris dengan Belgia yang berlangsung pada tanggal 29 Juni 2018 di Stadium Kaliningrad telah mendapati hasil akhir 0-1 kemenangan untuk pihak Belgia.

Sesungguhnya Kedua pihak tim yang bermain dalam laga ini sudah dapat dipastikan akan lolos memasuki kedalam babak 16 besar, namun untuk menentukan siapakah yang berhak menjadi juara dalam Grup G maka pertandingan ini pun diadakan untuk kedua tim negara ini.

Babak pertama pun dimulai untuk kedua tim, tampak dengan jelas kedua belah pihak tim sama-sama berusaha untuk membangun serangan dengan cepat diawal permainan. Pada babak ini skuad Belgia lebih dominan dalam penguasaan bola dan melancarkan serangan ke arah gawang.

Belgia menyerang lewat Fellaini yang maju menembus pertahanan tim Inggris dan lalu melepaskan tendangan, akan tetapi sayangnya bola tendangan Fellaini gagal masuk kedalam gawang karena berhasil dihalau oleh kiper Jordan Pickford.

Berselang beberapa menit Belgia kembali mengancam lawannya, kali ini Pickford sang kiper gawang gagal mengontrol bola yang ada didepan gawangnya sehingga bola pun berhasil sampai kekaki Michy Batshuayi, melihat kans itu Batshuayi pun langsung melepaskan tembakkan, beruntung bagi Inggris karena bola kembali gagal memasuki gawang karena ada Gary Cahill yang siap melindungi gawang timnya.

Permainan kini pun semakin memanas usai Tielemans mendapat sebuah kartu kuning dari wasit karena telah menjegal Danny Rose dimenit-19. Skor yang masih berangka 0 untuk kedua tim ini pun membuat kedua tim semakin aktif dalam melancarkan serangan, akan tetapi Belgia masih lebih dominan dalam melancarkan serangan dibandingkan skuad Inggris.

Memasuki menit-33 wasit Damir Skomina kembali mengeluarkan kartu kuningnya kepada pihak Belgia, kartu kuning ini ditujukan untuk Leander Dendoncker. Pemain berusia 23 tahun ini mendapat kartu kuning karena telah menjatuhkan Rose saat tengah menyerang kearea nya.

Permainan pun kembali dilanjutkan dengan tidak adanya gol yang berhasil dimasukkan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda babak pertama telah berakhir dengan skor tetap 0-0.

Permainan kembali dimulai usai para pemain dari kedua tim kembali memasuki lapangan setelah mengambil waktu istirahat. Dibabak ini Belgia terlihat kembali berhasil menekan pertahana tim Inggris dan berhasil memecah kebuntuhan.

Menit ke-51 Adnan Januzaj yang berposisi sebagai pemain gelandang berhasil memasukkan gol pertama dalam laga ini. Pemain asal kelahiran Brussel ini berhasil memasukkan golnya usai menerima umpan matang dari rekan satu timnya Tielemans, Januzaj yang berhasil menerima bola langsung bergegas maju memasuki kotak penalti musuh, tak lama setelah masuk kedalam kotak penalti Januzaj menyepak bola dengan menggunakan kaki kirinya, Pickford yang tidak bisa menghentikan laju bola pun hanya dapat melihat bola masuk kedalam gawang dan menjadi gol.

Inggris yang telah kecolongan satu angka pun langsung berusaha melancarkan serangan balasan, sempat beberapa kali berhasil menekan pertahan tim lawan dan melepaskan tembakkan, namun masih belum ada bola yang berhasil berbuah menjadi gol pembalasan.

Pertandingan telah mendekati menit-menit terakhir dan skor masih 0-1 unggul untuk pihak Belgia. Dimenit-menit terakhir ini kedua kubu sama-sama melakukan pergantian pemain, dipihak Inggris Gareth Southgate menarik keluar Alexander-Arnold dan memasukkan Danny Welbeck. Dipihak lain Roberto Marinez menggantikan Januzaj dengan Dries Mertens.

Pergantian ini tidak membawa banyak perubahan terlebih kepada skor yang masih tetap 0-1 untuk Belgia. Babak kedua telah menghabiskan waktu 45 menit dan kini masuk kedalam masa Injury Time.
Setelah menghabiskan beberapa menit di masa Injury Time dan masih belum ada perubahan wasit Damir Skomina asal Slovenia ini pun meniupkan peluit panjangnya yang menandakan pertandingan telah berakhir dengan skor akhir 0-1 kemenangan untuk tim Belgia.

Dengan hasil menang ini Belgia pun berhasil menduduki posisi pertama dalam Grup G dengan total 9 poin dan diikuti dengan Inggris yang menduduki posisi kedua dengan total 6 poin. Dibabak 16 besar nanti Belgia akan menghadapi Jepang pada tanggal 3 Juli, dan akan disusul oleh Inggris yang akan melawan Kolombia pada tanggal 4 Juli nanti.   ( as )