Brazil Kalahkan Meksiko 2-0

WORLD CUP : Brazil Kalahkan Meksiko 2-0 – Ajang Piala Dunia 2018 yang diadakan di Rusia telah sampai ketahap babak 16 besar atau yang kita kenal juga sebagai babak perdelapan final. Ditanggal 2 Juli 2018 FIFA telah mengadakan pertandingan antara Brazil melawan Meksiko di Stadium Samara Arena. Laga yang menjadi pintu masuk kebabak perempat final ini dimenangkan oleh pihak Brazil dengan kemenangan telak 2-0.

Meskipun Meksiko kalah dari Brazil tanpa berhasil memasukkan satu gol pun di laga ini, tetapi timnya patut diberikan pujian karena berhasil memberikan perlawanan yang cukup membuat tim musuhnya mengalami kesulitan dan juga beberapa kali sempat hampir membuat bola masuk kedalam gawang milik lawannya. Diambil dari situs resmi BBC Meksiko unggul penguasaan bola 52% : 48% dan juga tercatat Meksiko berhasil melepaskan tembakan sebanyak 14 kali, namun meski dengan perlawanan yang cukup hebat hal itu tetap tidak berarti karena pada akhirnya mereka harus menerima kekalahan dan pulang kembali kenegaranya.

Bertandingan dibabak pertama Meksiko yang berhasil membuka peluang lebih dulu langsung mengancam daerah kekuasaan musuhnya lewat tusukan tajam dari Andres Guardado, namun Alisson Becker yang menjadi kiper tim Brazil dengan baik berhasil menyelamatkan gawangnya dari ancaman musuhnya. Lepas beberapa menit Meksiko kembali membawa ancaman bagi timnas Brazil dan kali ini Hirving Lozano yang membawa bola, Lozano yang berhasil mendapat bola liar didekat area kotak langsung melepaskan tendangan kearah gawang, namun lagi-lagi peluang ini menjadi tidak berarti setelah salah seorang pemain bertahan Brazil berhasil menghentikan laju bola dan menjauhkannya dari gawang.

Brazil mulai melakukan gerakan dan berbalik menyerang, serangan pertamanya dibawa oleh Neymar, sang bintang PSG ini berhasil mencapai kotak penalti berama bola yang ada dikakinya, tidak menunggu lama bola pun ditendangnya, untungnya skuad Meksiko memiliki Guillermo Ochoa yang menjaga gawang dari ancaman tersebut. Pertandingan ini pun terus berlanjut dengan kedua kubu yang saling melancarkan serangan dengan sengit, namun hingga penghujung akhir babak pertama masih belum ada gol yang berhasil dicatatkan dibabak ini dan akhirnya babak pertama pun ditutup dengan skor tetap 0-0 untuk kedua tim.

Kembali dari ruang pemain babak kedua pun dimulai, dibabak ini Brazil tampak mulai menunjukkan taringnya, bahkan sejak babak ini dimulai skuad yang dibimbing oleh Tite langsung menekan pertahanan dari tim lawannya dan mengancam lewat serangan Philippe Coutinho, namun kiper tim Meksiko yang siaga masih berhasil menghentikan bola yang melaju ke gawangnya.

Beberapa menit kemudian Brazil akhirnya berhasil benar-benar memaksimalkan serangannya menjadi sebuah gol, tepatnya gol ini dimasukkan oleh Neymar pada menit ke-51. Brazil yang berhasil memainkan bola dari satu kaki ke kaki lainnya hingga mencapai area kotak musuh, sesampainya didepan kotak Neymar menipu pemain Meksiko dengan triknya mengumpan bola ke belakang, tepat dibelakangnya Willian yang menerima bola langsung masuk kedalam kotak penalti dari sisi kiri dan kemudian mengirimkan umpan bola kedepan gawang, bola umpan kiriman Willian pun melewati kiper Ochoa dan kemudian disambut oleh Neymar dengan kaki kanannya sehingga bola pun masuk kedalam gaawang menjadi gol pertama untuk Brazil.

Brazil kini pun unggul skor 1-0, akan tetapi terlihat dengan jelas para pemainnya masih belum merasa cukup dan masih terus melakukan serangan yang tajam kepada musuhnya. Beberapa kali Brazil menekan pertahanan Meksiko hingga kebagiuan bawah, tetapi masih belum ada pemain Brazil yang berhasil membuat tambahan angka. Pertandingan terus berjalan dengan skor 1-0 hingga babak kedua pun sudah hampir berakhir dan akhirnya barulah tercipta sebuah gol baru, gol ini dimasukkan pihak Brazil pada menit-88 oleh Roberto Firmino.

Gol ini berawal dari serangan balik cepat yang dilancarkan oleh pihak Brazil, bola berhasil dioper dari tengah lapangan kepada Neymar, Neymar yang tidak terkawal langsung tancap gas maju kekotak penalti, sesampainya di kotak didalam area kotak Neymar pun melepaskan tembakkan, bola yang bergulir mengarah ke gawang berhasil sedikit diantisipasi oleh kiper kubu Meksiko, namun Firmino yang datang dari sisi kanan masuk dan menyambut bola tadi dengan kaki kanannya, bola pun kemudian masuk menghantam jala gawang begitu juga dengan Firmino yang melaju genan cepat ikut masuk kedalam gawang.

Skor pun sekarang berganti menjadi 2-0 dan waktu babak kedua pun telah habis dan sekarang masuk ke masa Injury Time. Setelah menghabiskan beberapa menit dimasa Injury Time masih belum ada perubahan, akhirnya wasit pun meniupkan peluit panjang yang menandakan pertandingan ini telah berakhir dengan skor 2-0 kemenangan untuk kubu Brazil. Kini Brazil yang telah berhasil mendapat kemenangan dilaga ini akan maju kebabak perempat final dan menghadapi kubu Belgia, pertandingan antara Brazil dengan Belgia akan diadakan pada tanggal 7 Juli 2018 dan berlangsung di Stadium Kazan Arena.  ( as )