DECO

LIGA SPANYOL 2019 – Deco merupakan salah satu maestro sepak bola asal Negara Portugal yang memiliki peran vital dalam kebangkitan FC Barcelona. Ia sempat diisukan akan berlabuh ke klub Inggris, Chelsea FC, tahun 2004.  Namun, pada tahun itu juga akhirnya Deco mengeluarkan statemen jika dirinya akan bergabung dengan FC Barcelona. Kepindahan pemain kelahiran Brasil pada tanggal 27 Agustus 1977 ini mendapatkan nilai transfer sebesar 18,5 poundsterling dan tambahan baerter seorang oemaun FC Barcelona, Ricardo Quaresma, ke FC Porto.

Kepindahan DeCO KE fc Barcelona awalnya cukup membuat heran publik Camp Nou karena sudah banyak pemain di lini tengah seperti Xavi, Iniesta, Ronaldinho, Thiago Motta, dan Gerard. Namun, pada akhirnya Deco tetap diplot sebagai pemain tengah bersama Xavi, Rafael Marquez ebagai gelandang bertahan, serta Ronaldinho sebagai salah satu dari tiga pemain menyerang bersama Samuel Eto’o dan Ludovic Giuly.

Pada musim 2005/06, Deco menjadi sosok vital di FC Barcelona. Bersama Ronaldinho, Deco menjadi superstar. Rasa lapar akan gelar juara ada dalam diri Deco, meski dirinya sudah memenangkan hampir semua gelar penting seperti juara Liga Champions, juara Liga Portugal, dan menjadi pemain terbaik tahun 2004.

Berkat kemampuan taktisnya dalam membuka pertahanan lawan serta keinginan dan semangat untuk menang yang ditularkannya dalam tim, FC Barcelona sukses merain juara Liga Champions keduanya musim 2005/06. Saat itu, FC Barcelona mengalahkan Arsenal dengan skor akgir 2-1. Dalam musim tersebut Deco turut membantu FC Barcelona merai treble winner (La Liga, Liga Champion, dan Piala Super Spanyol). Ini merupakan kedua kalinya FC Barcelona meraih treble setelah sebelumnya terjadi pada musim 1997/98.

Seriring meningkatnya popularitas dan kesuksesan FC Barcelona, Deco, Ronaldinho dan Eto’o kehilangan kedisiplinan. Terbukti dengan tidak adanya gelar pada musim 2007/08. Direksi FC Barcelona kemudian menjual Deco dan Ronaldinho karena dianggap membuat skuat tim terpecah menjadi beberapa kubu. Selain kurang disiplin, mereka juga mulai jarang menghadiri sesi latihan. Keputusan ini juga menlindungi aset masa depan FC Barcelona, Lionel Messi, dari kegemerlapan dunia hedonis.

MENURUT AGEN BOLA TERPERCAYA – Keputusan penjualan Deco, Ronaldinho, Eto’o terjadi ketika Pep Guardiola menjadi pelatih musim 2008/09. Pep juga mengajukan penjualan pemain lain yang dianggap berpengaruh buruk kepada tim. Deco kemudian dibeli oleh Chelsea seharga 8,8 poundsterling atas rekomendasi pelatih Chelsea saat itu, Luis Felipe Scolari.