Istri Bo Xilai Dituduh Membunuh

Lynbet.com – Istri Bo Xilai, mantan pemimpin politisi China memberikan kabar yang sangat mengejutkan dengan dituduh telah membunuh seorang pengusaha Inggris melalui kantor berita Xinhua, kamis (26/7). Gu Kailai akan menghadapi tuduhan atas pembunuhan yang disengaja di pengadilan China.

Salah satu asisten perawatnya yang telah bekerja selama beberapa tahun, Zhang Xiaojun sebelumnya telah diberitakan juga akan dituntut dengan tuduhan yang sama, sesuai pengakuan dari pihak yang berwajib. Menurut surat kabar Xinhua, mereka berdua tak bisa membantah dan substansial telah terbukti melakukan pembunuhan dengan meracuni Neil Heywood, seorang pengusaha Inggris yang pernah bertransaksi komersial dengan Bo Xilai dan istrinya itu.

Hasil investigasi menunjukkan bahwa Bogu Kailai, sebagai salah satu terdakwa dan anaknya Bo memiliki konflik dengan Neil Heywood warga negara Ingrris itu atas kepentingan ekonomi. Karena dengan kekhawatiran adanya ancaman dari Neil Heywood atas keamanan pribadi anaknya, Bogu Kailai bersama asisten perawatnya Zhang Xiaojun nekad meracuni Neil Heywood sampai mati.

Tidak banyak yang mengetahui sejauh mana hubungan antara Neil Heywood dengan putra Bo Xilai yaitu Bo Guagua, walaupun terdengar berita bahwa Neil Heywood pernah berjasa dengan membantu putra Bo ini untuk mendapatkan sekolah eklusif di Harrow. Putra Bo tersebut baru saja lulus dari Harvard.

Neil Heywood ditemukan tidak bernyawa pada sebuah hotel di China November tahun lalu. Awalnya kematian Neil tersebut dicurigai karena mengkonsumsi alkohol yang berlebihan. Pada akhirnya setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, akhirnya diketahui korban meninggal karena terkena racun.

Bogu Kailai dan Zhang saat ini telah dimintai keterangan dan akan diadili di pengadilan kota China Timur Hefei pada waktu yang telah ditentukan. Pihak yang berwajib juga sudah mengirimkan surat pemberitahuan kepada keluarga mereka masing-masing. Jika nanti terbukti bersalah, Bogu Kailai akan mendapatkan hukuman mati, meskipun dia adalaha seorang istri mantan pemimpin di negaranya.

Kasus yang pertama kali terungkap pada bulan Februari lalu ini sangat mengejutkan bagi para pejabat tinggi di China dan menyebabkan Bo Xilai dipecat dari jabatannya sebagai pemimpin Partai Komunis Megacity dari Chongqing.

Para pengamat politik mengatakan bahwa mereka telah terkena dampak negatif yang sangat hebat di dalam Partai Komunis menjelang transisi, karena ini penting sekali untuk dekade kepemimpinan karena kongres yang akan berlangsung pada musim gugur ini.

Bo Xilai saat ini diperkirakan berada di bawah tahanan rumah dan sedang diselidiki untuk kasus korupsi. Dia telah dipecat dari posisi jabatannya sebagai pemimpin Partai Komunis, walaupun ia tetap sebagai anggota.

Seorang arsitek berkebangsaan Prancis, Patrick Devillers yang diketahui dekat dengan Gu, melakukan perjalanan ke China untuk melakukan penyelidikan resmi. Patrick (52) juga diketahui telah menjalin hubungan bisnis dengan Bo dan istrinya, meskipun saat ini belum diketahui status apa dari Patrick ini.

Patrick diberitakan bahwa mempunyai hubungan yang sangat erat sejak tahun 1990-an dimana saat itu Bo memakai jasanya untuk beberapa pekerjaan arsitektur di kota Dalian China. Dia juga pernah di tahan di Phnom Penh pada tanggal 13 Juni dan atas permintaan Beijing, dia dibebaskan dan diterbangkan dengan menggunakan penerbangan China oleh pihak Kamboja.