Kemenangan Tipis 4-3 Milik Liverpool

PREMIER LEAGUE: Kemenangan Tipis 4-3 Milik Liverpool – Liga Inggris Premier League musim 2018/2019 akhirnya telah sampai di minggu ke-23 nya dan kali ini tim Liverpool dihadapkan dengan tim Crystal Palace. Laga mereka diadakan di Anfield Stadio pada 20 Januari 2019 dan mendapati hasil akhir 4-3, menang Liverpool.

Liverpool yang bermain dikandangnya sendiri dalam pertandingan ini terlihat kesulitan untuk mengahadapi tamunya Crystal Palace atau yang dikenal juga dengan nama The Eagles. Dibabak pertama pertandingan terus berjalan dengan skor awal 0-0 hingga akhirnya pada menit ke-34 sebuah gol dari tim The Eagles berhasil memecah kebutunhan ini, gol ini dicetak oleh Andros Townsend. Berawal dari satu buah umpan matang yang disodorkan kedepan gawang oleh Wilfried Zaha dan lalu Townsend datang menyambut bola dengan satu tendangan maut yang berhasil menjebol gawang milik tim tuan rumah.

Gol dari Townsend membuat babak pertama berakhir dengan skor 0-1, namun ketika bermain dibabak kedua Liverpool langsung menunjukkan taring mereka dan satu gol pun berhasil mereka ciptakan pada menit pertama babak kedua. Berawal dari satu serangan kubu Liverpool yang dengan cepatnya berhasil sampai ke area pertahanan terdalam milik The Eagles akan tetapi bola berhasil dibuang oleh pemain bertahannya, namun bola jatuh dikaki Jordan Henderson dan bola dioperkan ke Virgil Van Dijk. Van Dijk yang dari luar area kotak penalti pun melepaskan tendangan keras yang menghantam tubuh pemain tim lawan dan kemudian bola jatuh langsung disambut oleh Mohamed Salah dan masuk menjadi gol.

Skor kini kembali seimbang bagi kedua tim, tetapi skor imbang ini tidak akan mungkin dapat memuaskan kedua pihak tim dalam laga ini. Memasuki menit-53 Liverpool akhirnya berhasil menciptakan keunggulan pertama mereka dalam laga ini lewat gol yang sukses dimasukkan Roberto Firmino. Pemain asal Brazil ini berhasil memasukkan golnya dengan satu tendangan mendatar yang langsung masuk kedalam gawang usai dirinya sukses menerima umpan matang dari rekan satu timnya Naby Keïta, dengan gol ini Liverpool pun sementara memimpin dengan skor 2-1.

Tim tamu pada laga kali ini benar-benar menunjukkan tekad kuat mereka yang tidak ingin kalah dalam pertandingan ini, hal ini dapat kita lihat dari perlawanan sengit yang mereka berikan ketika menghadapi Liverpool dan juga dari keberhasil mereka yang membuat kedudukan kembali menjadi seimbang 2-2 pada menit ke-65 pertandingan. Gol ini berhasil didapatkan oleh tim The Eagles melalui satu bola sepak pojok yang berhasil ditanduk oleh James Tomkins hingga menghantam jaring gawang dengan keras.

Namun sepuluh menit setelah gol ini berhasil dimasukkan tim Liverpool berhasil kembali mencetak gol dan menciptaka kembali keunggulan bagi tim mereka. Bermula dari James Milner yang sukses menyambut sebuah umpan voli dengan ujung kakinya, bola melayang kedepan gawang dan dipukul oleh kiper Julian Speroni akan tetapi tiba-tiba saja Salah yang datang entah dari mana berhasil menyambut bola dengan tendangannya dan membuat bola masuk kedalam gawang bersamaan dengan dirinya. Lewat gol ini skor berhasil diubah menjadi 3-2.

Jelang akhir waktu normal babak kedua James Milner harus dikeluarkan dari dalam lapangan karena menerima kartu kuning keduanya dari wasit Jonathan Moss yang bertugas saat itu, karenanya Liverpool terpaksa harus bermain dengan sisa 10 pemain diakhir babak. Setelah waktu normal babak kedua habis pertandingan pun dilanjutkan dalam waktu Injury Time selama 7 menit yang diberikan oleh wasit.

Meski bermain hanya dengan sisa 10 orang pemain tapi Liverpool masih bisa berhasil mencetak satu gol lagi ke gawang lawannya dan gol kali ini dimasukkan oleh Sadio Mane. Gol keempat milik Liverpool ini berhasil dimasukkan berkat usaha assist dari seorang Andrew Robertson, Robertson rela menjatuhkan badannya hanya demi memberikan umpan assist kepada Mane, Mane yang berhasil menerima umpan dengan sempurna itu pun membuat bola masuk dengan sempurna kedalam gawang.

Liverpool kini memimpin dengan skor 4-2, akan tetapi ternyata dalam waktu singkat dua menit tim lawan berhasil memasukkan gol dan membuat kedudukan berganti lagi menjadi 4-3. The Eagles berhasil memperoleh gol ini lewat tendangan Max Heyer yang dilepaskan dari dalam area kotak penalti. Tak lama setelah gol ini dimasukkan waktu Injury Time pun habis dan pertandingan pun selesai, skor akhir dari laga ini adalah 4-3.

Liverpool berhasil menang dalam laga ini meskipun hanya menang tipis dengan skor 4-3. Kini Liverpool memimpin puncak klasemen Liga Inggris Premier League dengan total 60 point, diposisi kedua ada Manchester City dengan total 53 point dan untuk posisi ketiganya ada Tottenham Hotspur dengan total 48 point.  (as)