Kualifikasi Piala Eropa: Italia Lumat Liechtenstein 6-0

Kualifikasi Piala Eropa 2020 – Italia mencetak gol setengah lusin gol kala menjamu Liechtenstein di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Gli Azzuri menang 6-0.

Laga Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Italia vs Liechtenstein berlangsung di Ennio Tardini, Rabu ( 27 Maret 2019 ) dinihari WIB. Italia langsung mendapatkan peluang di menit keempat, saat sepakan Fabio Quagliarella ditahan kiper Benjamin Buchel.

Gol pertama tuan rumah tercipta di menit ke-17. Leonardo Spinazzola menusuk dan melepaskan umpan yang disambut sundulan Stefano Sensi. Tandukannya menaklukkan Buchel.

Italia mendapatkan peluang dari Quagliarella dan Marco Verratti pada menit ke-21 dan 26, namun belum berhasil menambah gol. Sepakan Gianluca Mancini pada menit ke-28 dari jarak dekat juga tak membuahkan hasil karena melambung.

Italia baru menambah gol di menit ke-32. Verratti melewati tiga pemain lalu melepaskan tembakan melengkung untuk menjebol gawang Buchel.

Dua menit kemudian wasit menghadiahkan penalti untuk Italia, usai terjadi handball oleh Nicolas Hasler. Quagliarella maju sebagai eksekutor dan mengarahkan tendangan ke tengah untuk mencetak gol ketiga Italia.

Sepakan Moise Kean di menit ke-45 membentur tiang. Tapi petaka selain gol menghantui Liechtenstein saat Daniel Kaufmann dikartu merah.

Kaufmann memblok tendangan Verratti dengan tangan dan langsung diusir wasit. Quagliarella kembali jadi algojo dan mencetak gol keempat Italia. Alessio Romagnoli membuang peluang dari jarak dekat, saat tendangannya melenceng dimenit ke-66.

Tiga menit kemudian, Kean menambah gol tuan rumah. Umpan lambung Spinazzola disodorkan Quagliarella dengan kepala ke Kean, yang lantas menuntaskannya dengan sontekan ke dalam gawang.

Italia membuat gol keenam di menit ke-76. Tembakan pertama Leonardo Pavoletti usai menyamar umpan Gianluca Mancini dihalau kiper, tapi bola liar kembali kepadanya dan dicocor tanpa kesalahan.

Tak ada gol lain lagi sampai sisa waktu pertandingan habis. Italia kukuh memuncaki Grup J dengan enam poin hasil dari dua laga, mencetak delapan gol tanpa kebobolan sejauh ini.

Yunani dan Bosnia Herzegovina menyusul di posisi 2-3 dengan empat poin. Firlandia ada di urutan ketiga dengan tiga poin, sementara Armenia dan Liechtenstein belum mendapatkan angka. (ww)