Manchester City Tak Beri Ampun Untuk Chelsea

PREMIER LEAGUE: Manchester City Tak Beri Ampun Untuk Chelsea – Pada ajang kejuaraan Liga Inggris Premier League pertandingan minggu ke-27 tim Manchester City telah menjamu tim Chelsea di Etihad Stadium, pertandingan mereka ini dilangsungkan pada tanggal 10 Febuari 2019 (Minggu).

Pertandingan yang diadakan di lapangan milik kubu  Manchester City ini terlihat berjalan dengan berat sebelah, pasalnya pertandingan ini diakhiri oleh City dengan skor akhir menang telak 6-0. Raheem Sterling mencetak Brace, lalu Sergio Aguero mendapatkan Hattrick dan Ilkay Gundongan menyumbangkan satu gol untuk pihak tim City.

Dari awal pertandingan babak pertama saja pihak tim City sudah berhasil menciptakan keunggulan, dalam waktu kurang dari lima menit pertama City berhasil mendapat 1 angka. Gol pembuka pertandingan ini dimasukkan oleh Raheem Sterling berkat sebuah umpan silang yang denganmantap sukses dikirimkan oleh Bernardo Silva.

Sekitar 9 menit kemudian City berhasil mendapat gol kedua mereka dan kali ini nama Sergio Aguero yang berhasil mencetak gol tersebut. Berawal dari Oleksandr Zinchenko yang dihadang lawan sehingga bola harus dilepas kepada Sergio Aguero, Aguero lalu membawa bola sebentar dan kemudian melepaskan tendangan keras dari luar bagian kotak penalty lawan. Bola yang mengarah dengan tajam kepojok kanan gawang berahsil masuk dan menjadi sebuah gol.

City yang bermain dengan sangat agresif dalam pertandingan kembali mencetak gol pada menit ke-19 dan gol ini kembali dimasukkan oleh Sergio Aguero. Berawal dari satu bola bebas milik City yang berhasil disapu dengan setengah hati oleh pemain Chelsea dari area kotak penalty, bola kembali jatuh dikaki pemain City dan kembali dicoba dimasukkan kedalam area kotak penalty milik lawan. Bola kembali berhasil disapu oleh pemain Chelsea, namun entah kenapa Pedro justru menyundul balik bola hingga masuk kedalam kotak penalty dan dengan momentum yang tepat Aguero langsung melepaskan tendangan terhadap bola, bola memantul ditanah dengan pelan namun kiper Kepa gagal menghentikannya sehingga gawangnnya kembali kebobolan.

Tepat dimenit ke-25 Ilkay Gundongan menyumbangkan satu gol untuk timnya City. Awalnya bola berada dikaki Sergio Aguero akan tetapi bola terlepas dan ditendang oleh salah satu pemain dari tim Chelsea, beruntung bola kembali jatuh dikaki Gundongan. Lalu Gundongan yang pada saat itu sudah mendapat bidikan langsung melepaskan tendangan ke gawang dari jarak yang cukup jauh, kiper Kepa yang berhasil membaca arah bola langsung melompat menjatuhkan badan akan tetapi jangkauan tanganya tidak cukup sehingga bola lagi-lagi berhasil memasuki gawangnya.

Dalam waktu 25 menit dibabak pertama City telah berhasil menciptakan jarak dari Chelsea sebesar 4-0, dengan jarak sejauh ini akan menjadi sulit untuk Chelsea dapat meraih hasil menang. Chelsea sendiri sangat membutuhkan hasil menang dalam pertandingan ini agar dapat merebut kembali posisi 4 yang sebelumnya telah diambil alih oleh Manchester United dengan jarak selisih 1 poin saja.

Chelsea sempat beberapa kali melancarkan serangan disisa waktu babak pertama, akan tetapi tidak ada satupun serangan mereka yang dapat membuahkan hasil, disisi lain City terlihat sedikit menurunkan laju serangan mereka dan terlihat lebih seperti ingin mempertahankan jarak mereka yang sekarang dengan Chelsea hingga babak pertama selesai.

Dibabak kedua permainan dimulai kembali dengan skor sementara 4-0 unggul Manchester City. Dalam satu situasi perebutan bola antara Raheem Sterling dengan Cesar Azpilicueta disisi kiri kotak penalty milik Chelsea terjadi sebuah pelanggaran yang berbuah satu hadiah bola penalty untuk pihak City. Pelanggaran ini terjadi ketika bola yang masuk kedalam area kotak penalty berhasil lebih dulu ditendang oleh Sterling dan setelahnya baru kaki Azpilicueta menghantam kaki Sterling sepertinya menjegalnya hingga jatuh. Memasuki menit-56 Sergio Aguero bersiap untuk mengeksekusi bola penalty dan satu tendangan datar pun dilepaskan hingga masuk kedalam awing lewat sisi kanan pojok gawang. Gol menjadi gol ketiga milik Aguero dalam laga ini yang artinya Aguero berhasil mendapatkan Hattrick.

City kini telah memimpin dengan skor sementara 5-0, dilihat dari jarak yang sangat besar ini sudah jelas dapat dipastikan bahwa pihak tuan rumah City sudah akan keluar menjadi pemenang dalam pertandingan ini, akan tetapi hal tersebut ternyata tidak membuat pasukan Pep Guardiola berpuas hati. Mendekati akhir pertandingan para pemain tim City mengingkatkan tempo serangannya lagi dan alhasil satu gol berhasil mereka masukkan pada menit ke-80.

Berawal dari satu bola yang dibawa oleh Aymeric Laporte, Laporte saat itu menemui jalan buntu melepaskan umpan balik kepada David Silva yang ada diluar kotak penalty musuh, disaat David Silva menerima bola dan semua pemain musuh berbalik mengejarnya ia pun langsung dengan cepat mengopekan bola kepada Zinchenko yang ada di sisi kiri luar kotak penalty, Zinchenko tidak menerima bola tetapi langsung mengubah bola menjadi sebauh umpan silang yang matang untuk Raheem Sterling dan dengan sempurna bola disambut dengan santai oleh Raheem Sterling menjadi sebuah gol. Gol ini tidak hanya membuat City unggul dengan skor 6-0 teteapi gol ini juga membuat Raheem Sterling sendiri mendapat hasil Brace dalam pertandingan ini.

Selanjutnya skor 6-0 ini bertahan hingga pertandingan selesai. Dengan hasil menang ini City kembali menguasai puncak klasemen dengan total 65 poiin sama dengan pesaing terdekatnya Liverpool yang baru ia buat turun ke peringkat 2. Disisi lain karena Chelsea kalah dalam laga ini maka timnya gagal merebut kembali posisi sebelumnya dari Manchester United dan harus rela menetap di peringkat ke-6 dengan total 50 poin. (as)