Perancis Melangkah Kebabak Semi Final Usai Menang 2-0 Atas Uruguay

WORLD CUP : Perancis Melangkah Kebabak Semi Final Usai Menang 2-0 Atas Uruguay – Pertandingan babak perempat final dalam ajang Piala Dunia 2018 yang diadakan pada tanggal 6 Juli 2018 telah menjumpakan tim dari negara Uruguay dengan tim dari negara Perancis. Pertandingan ini berlangsung di Stadium Nizhny Novgorod dan ditutup dengan skor akhir 0-2 untuk kemenangan timnas Perancis.

Jalan Pertandingan

Pada babak pertama kedua pihak tim memulai permainan dengan hati-hati dan juga cukup lambat dalam membangun serangan. Bermain dimenit ke-6 Uruguay berhasil lebih dulu membuat pergerakkan, Ctisthian Stuani yang masuk dari sebelah kanan lapangan berhasil menerima bola operan dari Martin Caceres, dengan segera Stuani pun membawa bola masuk kedalam kotak penalti dan melepaskan tendangan, namun sayang bola yang ditendangnya masih sedikit melebar dari jalurnya.

Berselang 10 menit kemudian gantian Perancis yang memberikan ancaman lewat serangan dari Kylian Mbappe, namun bola masih gagal masuk menjadi sebuah gol. Permainan terus berlanjut dengan skor 0-0 sampai akhirnya ketika pertandingan memasuki menit ke-40 barulah terlahir sebuah gol.

Gol yang terjadi pada menit ke-40 ini dimasukkan oleh kubu Perancis lewat sundulan Raphael Varane. Berawal dari sebuah pelanggaran yang dilakukan oleh Rodrigo Bentancur kepada Corentin Tolisso di luar area kotak penalti yang berubah menjadi sebuah kartu kuning membuat Perancis mendapat sebuah hadiah tendangan bebas.

Antoine Griezmann yang maju mengeksekusi bola bebas memberikan tendangan voli yang membuat boal melambung kedepan gawang, tepat di posisi ada Raphael Varane yang meloncat tinggi dan menyundul bola, bola yang menyentuh kepala Varane pun berubah menjadi sebuah gol pertama yang masuk pada laga pertandingan ini. Berkat gol ini Perancis pun berhasil mengakhiri babak pertama dengan skor unggul 1-0 atas Uruguay.

Usai kedua regu tim kembali dari kamar pemain pertandingan babak kedua pun dimulai. Dibabak ini Perancis yang telah unggul 1 gol pada babak sebelumnya masih berhasil menguasai permainan dan membangun sejumlah serangan, namun meski begitu pihak tim Uruguay tidak tinggal diam dan terus berusaha untuk menyamakan kedudukan lewat serangan balik yang sesekali dilancarkan mereka.

Memasuki menit-61 Perancis berhasil menambah jarak lewat gol masukkan Antoine Griezmann. Griezmann yang mendapat umpan dari Corenti Tolisso diluar kotak penalti langsung melepaskan tembakkan dari posisinya berdiri, bola yang melaju dengan kencang dan kuat itu pun berhasil ditepis oleh kiper Fernando Muslero, namun bola yang melambung keatas kembali mengarah ke gawang dan seketika bola pun masuk kedalam gawang tanpa sempat dihentikan oleh kiper Muslero.

Beberapa menit setelah gol ini tercipta terjadi sebuah keributan dilapangan, keributan ini terjadi setelah Cristian Rodriguez menghalangi Kylian Mbappe untuk maju, tangan yang mengenai badan Mbappe itu pun membuatnya terjatuh dan kedua pemain ini akhirnya saling beradu mulut, akhirnya wasit Nestr Pitana menghentikan keributan ini dengan memberikan kedua pemain ini kartu kuning.

Pertandingan kemudian kembali dilanjutkan dan skor masih tetap 0-2 unggul Perancis. Disisa waktu 20 menit babak kedua ini kubu Uruguay tampak terus mengegas serangannya, namun meski begitu Perancis juga tidak ingin kalah dengan meningkatkan pertahanannya. Karena pertahanan dari tim Perancis yang terlalu rapat dan sulit untuk di tembus membuat kubu Uruguay pun gagal melancarkan serangan dan akhirnya kehabisan waktu sehingga pertandingan ini pun berakhir dengan skor 0-2 kemenangan untuk pihak Perancis.

Dengan kemenangan ini maka sudah dapat dipastikan Perancis masuk kebabak semi final dan untuk pihak Uruguay harus rela angkat kaki dan pulan ke tanah airnya. Dibabak semi final nanti Perancis akan berjumpa dengan Belgia di Stadion Saint Petersburg pada tanggal 11 Juli 2018 nanti.  ( as )