Rusia Depak Mesir Dengan Skor 3-1

SAINT PETERSBURG : Rusia Depak Mesir Dengan Skor 3-1 – Laga pertandingan Piala Dunia 2018 dari Grup A antara tuan rumah Rusia melawan Mesir. Pertandingan yang berlangsung pada tanggal 20 Juni ini diadakan di Stadion Saint Petersburg dan ditutup dengan skor 3-1 untuk kemenangan Rusia.

Rusia yang berhasil menang dengan skor 3-1 ini bermula dari gol bunuh diri yang dimasukkan oleh Ahmed Fathy (menit-47), kemudia Rusia berhasil memanfaatkan moral para pemain tim Mesir yang sedikit menurun dan mencetak gol lewat usaha Denis Cheryshev (menit-59), tidak lama kemudian Rusia kembali menambah angka dengan gol masukkan Artem Dzyuba (menit-62). Mesir yang telah tertinggal 3 angkan pun berusaha bangkit dan berhasil memasukkan 1 gol lewat tendangan penalti yang dieksekusi oleh Mohamed Salah (menit-73).

Jalan Pertandingan

Pada babak pertama Mesir yang bermain dengan menggunakan strategi 4-2-3-1 sama dengan tim Rusia berhasil lebih unggul menguasai bola diatas lapangan hijau. Tim Rusia yang sedikit tertinggal dalam penyerangan lebih berfokus dalam menjaga pergerakkan dari Top player milik skuad Mesir yakni Mohamed Salah. Walau begitu tim Mesir tidak memfokuskan serangannya melalui Mo Salah saja, menit-18 Trezeguet berhasil mengancam keselamatan gawang milik Rusia. Trezeguet yang berhasil memasuki daerah kotak penalti Rusia langsung melepaskan tendangan, namun tendangan dari Trezeguet sedikit melenceng dari jalur sehingga gagal mengarah ke gawang.

Setengah jam telah berlalu dan kedua kubu masih belum ada yang berhasil mencetak gol. Beberapa menit sebelum babak pertama berakhir Mesir mendapat sebuah peluang emas untuk mencuri angka, namun peluang tersebut yang didapat oleh Mo Salah masih gagal menjadi sebuah gol karena tendangan yang dilepaskan oleh Mo Salah sedikit melebar sehingga keluar dari jalur gawang, babak pertama pun berakhir dengan skor tetap 0-0.

Usai kembali dari istirahat minum babak kedua pun dimulai, dibabak ini Rusia yang memulai Kick-off langsung melancarkan serangan assist menembus pertahanan tim Mesir. Serangan yang dilancarkan oleh Rusia ini berhasil membuahkan hasil sebuah gol lewat kesalahan dari Ahmed Fathy yang berakhir menjadi sebuah gol bunuh diri. Berawal dari Roman Zobnin yang melepaskan tendangan memantul dari luar kotak penalti menuju kegawang, Fathy yang melihat hal tersebut pun berusaha menghentikan laju bola dengan menggunakan kaki kanannya, namun usai bola menyentuh kaki Fathy justru malah berubah arah dan membuat kiper El-Shenawy gagal memprediksi laju bola yang akhirnya membuat bola berhasil masuk kedalam gawang menjadi gol bagi tim Rusia.

Memasuki menit-59 Rusia yang telh unggul 1 gol berhasil menambah jarak menjadi 2-0 lewat gol masukkan Denis Cheryshev. Gol yang dimasukkan oleh Cheryshev ini bermula dari Fernandes yang menerima umpan disisi kanan gawang, usai menerima umpan Fernandes yang dibayang-bayangi pemain Mesir langsung kembali mengumpankan bola ke tengah kotak penalti, Cheryshev yang telah berada diposisi pun langsung menyambut umpan dengan tendangan kaki kirinya dan seketika bola pun memasuki gawang tim Mesir menjadi gol kedua bagi Rusia.

Berselang beberapa menit kemudian Rusia yang memanfaatkan moral tim Mesir yang menurun berhasil memasukkan gol ketiganya, kali ini Artem Dzyuba yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Dzyuba yang berhasil menerima umpan jauh dari Kutepov langsung maju masuk ke dalam kotak penalti, usai menerima umpan Dzyuba langsung melewati Ali Gabr dan kemudian melepaskan tembakkan, kiper El-Shenawy yang mati langkah pun hanya bisa pasrah melihat gawangnya kembali dimasuki bola untuk yang ketiga kalinya dalam laga ini.

Mesir yang kini telah tertinggal 3-0 hampir tidak memiliki harapan untuk menang dalam laga ini, namun walau begitu mereka tetap terus menyerang dan berusaha bangkit dari situasi putus asa ini. Trezeguet berhasil mendapat peluang pada menit-67 namun gagal diselesaikan dengan baik. Dimenit 72 Mo Salah yang memasuki area kotak penalti tanpa sengaja dijatuhkan oleh Zobnin, wasit berhenti sejenak melihat video VAR dan memberikan hadiah 1 bola penalti kepada tim Mesir.

Mo Salah sendiri yang bangkit mengambil kesempatan penalti ini, sebelum mengeksekusi bola Mo Salah berdoa terlebih dahulu, usai berdoa Mo Salah mengeksekusi bola dan dengan sempurna bola pun masuk kedalam gawang menjadi gol yang merubah skor mnejadi 3-1. Setelah gol ini kubu tim Mesir menjadi lebih bersemangat dan terus menggempur pertahanan tim Rusia. Beberapa kali Mesir berhasil mendapat kesempatan menambah angka, namun karena Rusia lebih berfokus bermain dalam posisi bertahan serangan dari Mesir pun berhasil diantisipasi. Skor 3-1 ini terus bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang yang menandakan pertandingan telah selesai.

Dengan hasil ini Rusia berhasil menang dan akan menghadapi Uruguay pada tanggal 25 Juni nanti di Stadion Samara Arena, sedangkan Mesir akan menghadapai Arab Saudi nanti di Stadion Volgograd Arena pada tanggal yang sama 25 Juni 2018.  (as)