Swiss Bantai Habis Islandia 6-0

UEFA : Swiss Bantai Habis Islandia 6-0 – Dalam pertandingan UEFA Nations League, Swiss sukses membantai Islandia hingga 6-0. Pertandingan ini dilangsungkan di Stadion Kybunpark/AFG Arena (St. Gallen) pada tanggal 08 September 2018.

Sekedar informasi UEFA Nations League adalah pertandingan baru yang dibuat oleh asosiasi sepak bola Eropa untuk memberikan bumbu bersaing pada laga-laga persahabatan yang umumnya dilaksanakan di interval internasional ini.

Jalan Pertandingan

Swiss yang menjadi pihak tim tuan rumah langsung memulai permainan dengan serangan tajam yang berhasil mendesak pertahanan tim tamu Islandia, serangan pada menit-menit awal ini dibawa oleh Haris Seferovic. Diawali dengan umpan dari sisi kanan yang berhasil diterima Seferovic didalam area kotak pertahanan tim musuh, Seferovic membalikkan badannya dan kemudian ia melepaskan tembakkan kearah gawang, tetapi Hannes Thor Halldorsson selaku kiper tim Islandia dengan cekatan berhasil mengatasi tembakkan tersebut.

Masuk ke menit-13 akhirnya gol pertama dari tim tuan rumah pun berhasil dimasukkan, gol ini dimasukkan oleh Steven Zuber. Diawali dengan umpan pendek Ricardo Rodríguez didepan area kotak, bola berhasil diterima Zuber didalam kotak dan lalu Zuber yang tanpa basa basi langsung melepaskan tembakkan keras yang berhasil menembus pertahanan kiper Halldorson.

Selang 10 menit kemudian pihak tim Swiss kembali memasukkan gol, kali ini gol dicetak oleh Denis Zakaria. Berawal dari sebuah tendangan bebas yang dieksekusi Xherdan Shaqiri didepan kotak penalti, bola yang mengarah tajam kepojok kiri gawang berhasil ditepis oleh kiper tim lawan, namun bola terpental kearah Fabian Schar dan kemudian bola diumpankan lagi kepada Zakaria, lalu dengan cepat Zakaria melanjutkan umpan tadi menjadi sebuah gol kedua untuk timnya. Setelah gol ini dimasukkan skor terus bertahan pada titik 2-0 hingga babak pertama selesai.

Pada babak kedua pihak tim tuan rumah kembali berhasil memasukkan gol cepat diawal permainan, kali ini gol dimasukkan pada menit ke-53 oleh Xherdan Shaqiri. Kembali diawali dengan sebuah tendangan bebas didepan kotak penalti, Shaqiri yang mengeksekusi bola bebas ini awalnya mengambil posisi yang tidak biasa, ia berdiri 90 derajat kearah gawang. Lalu ia melepaskan melengkung dengan kaki kirinya dan dengan seketika bola langsung masuk kepojok kanan gawang.

Setelah gol ketiga ini para pemain tim Swiss semakin sangar dalam mengincar gol, hal ini dibuktikan dengan kembali dimasukkannya 3 gol lagi dalam sisa pertandingan ini. Gol ke-4 dimasukkan pada menit-67 oleh Haris Seferovic, diawali dengan umpan matang Fabian Schar kepada Seferovid didepan gawang, lalu Seferovid dengan cepat menyambar bola dan melepaskan tendangan akurat yang langsung mengarah masuk kedalam gawang lewat pojok kanan bawah gawang.

Beberapa menit kemudian gol kelima dimasukkan Albian Ajeti, lebih tepatnya gol ini dimasukkan pada menit ke-71. Gol ini masuk karena umpan assist yang diberikan oleh Seferovic kepada Ajeti didepan gawang. Lalu memasuki 10 menit terakhir pertandingan Swiss memasukkan gol ke-6 nya, kali ini yang berhasil mencatatkan namanya kepapan skor adalah Admir Mehmedi. Kali ini gol milik Admir Mehmedi berhasil masuk berkat umpan assist dari Denis Zakaria.

Setelah gol ini skor telah berubah menjadi 6-0, dengan jarak sejauh ini sudah dapat dipastikan bahwa tim tamu Islandia tidak akan mendapatkan kemenangan dalam laga pertandingan ini, namun meski begitu mereka terus mempertahankan gawangnya agar tidak kemasukkan bola lagi hingga pertandingan ini berakhir. Setelah melalui beberapa menit pada masa Injury Time wasit pun meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dan pada akhir laga wasit pun menyatakan hasil akhir dimenangkan oleh Swiss dengan total skor 6-0.  (as)