Belanda Taklukkan Jerman 3-0

AMSTERDAM : Belanda Taklukkan Jerman 3-0 – Dalam ajang EUFA Nations League tanggal 14 Oktober 2018 telah dilangsungkan pertandingan antara Belanda dengan Jerman, pertandingan ini dimainkan di Stadium Johan Cruijff Arena pada dini hari tadi. Dalam laga ini sesungguhnya Jerman memiliki lebiuh banyak peluang untuk memasukkan gol, namun keberuntungan lebih berpihak pada tim tuan rumah Belanda. Tercatat Belanda hanya memiliki 40% penguasaan bola serta hanya melepaskan 14 tendangan dan 5 diantaranya tepat kegawang, sedangkan dipihak Jerman mereka tercatat memiliki penguasaan bola sebesar 60% serta mereka berhasil melepaskan 21 tendangan, namun hanya 4 diantaranya yang berhasil mengarah tepat ke arah gawang.

Jalan Pertandingan

Diawal babak pertama kedua pihak tim memilih untuk bermain aman, mereka bermain dengan tempo yang lambat namun pasti. Setelah 20 menit pertama dilewati dan belum ada gol yang dimasukkan tempo permainan pun sedikit meningkat. Memasuki setengah jam pertama akhirnya gol pertama pun berhasil masuk, gol ini dimasukkan oleh Virgil Van Djik untuk kubu Belanda. Berawal dari sebuah tendangan pojok yang berhasil ditanduk oleh Ryan Babel, namun sayang bola tidak masuk karena menghantam tiang gawang. Kemudian Manuel Neuer dengan cepat bergerak hendak mengambil bola yang telah membentur tiang gawang tadi, akan tetapi ternyata Van Djik bergerak lebih cepat daripada Neuer sehingga bola akhirnya pun berhasil disambut kembali dengan sundulan Van Djik yang akhirnya gol pertama untuk Belanda pun tercipta. Setelahnya pertandingan pun dilanjutkan, hingga akhir babak pertama tidak ada gol baru yang dimasukkan dan akhirnya skor 1-0 pun menutup babak ini.

Usai pemain kembali dari ruang istirahat babak kedua pun dimulai, pada babak ini permainan tidak jauh berbeda dengan babak sebelumnya. Pada menit-57 kubu Jerman memasukkan Leroy Sane dan Julian Draxler guna menggantikan posisi Thomas Muller dan juga Emre Can. Dimenit-68 gantian kubu Belanda yang melakukan pergantian dua pemain, Ryan Babel dan Steven Bergwijn ditarik keluar lalu digantikan oleh Arnaut Groeneveld dan Quincy Promes. Joachim Low selaku manager tim Jerman yang merasa tidak ingin ketinggalan juga ikut melakukan pergantian pemain pada menit-68 ini, ia memasukkan Julian Brandt dan menarik keluar Mark Uth. Namun meski telah banyak melakukan pergantian pemain kedua pihak tim masih belum juga berhasil menciptakan gol pada babak kedua ini.

Menjelang akhir babak kedua akhirnya gol pertama dalam babak ini pun berhasil dimasukkan, tepatnya gol ini masuk pada menit-86 lewat usaha Memphis Depay. Gol ini sesungguhnya bisa masuk karena kelengahan para pemain Jerman yang tengah terlalu sibuk untuk mengejar gol peyama kedudukan. DEpay yang berada jauh didepan berhasil menerima bola umpan jauh dari Quincy Promes, tanpa dihalangi musuh Depay kemudian langsung dengan cepat melesat maju hingga ke area kotak pertahan musuh. Berhadapan satu lawan satu dengan kiper Neuer, Depay pun mengambil keputusan melepaskan tendangan kearah pojok gawang dan langsung saja bola masuk dan menjadi gol kedua bagi tim Belanda.

Tidak lama setelah gol ini dimasukkan babak kedua pun memasuki masa Injury Time, pada masa Injury Time ini wasit memberikan waktu untuk bermain selama 4 menit. Dimenit ke-3 Injury Time Belanda kembali berhasi menciptakan satu gol tambahan, kali ini Georginio Wijnaldum yang berhasil memasukkan namanya pada papan skor. Bermula dari sebuah umpan silang yang diberikan oleh Depay pada Wijnaldum didepan kotak penalti musuh, sukses menerima bola Wijnaldum pun langsung membawa bola masuk kedalam area kotak penalti. Sesaat kemudian Wijnaldum yang telah mendapatkan target pun melepaskan tembakkan kearah pojok tiang gawang dan dengan mudahnya bola pun masuk kedalam gawang milik Neuer.

Semenit kemudian setelah gol ini masuk wasit Cuneyt Cakir pun meniupkan bunyi peluit panjang dan menyatakan Belanda berhasil mendapatkan kemenangan mutlak dengan skor akhir 3-0 pada laga pertandingan ini. Kini dalam klasemen UEFA Nations League: League A Grup 1, Prancis menempati posisi pertama dengan skor 4 poin, kemudian disusul oleh Belanda yang telah mengumpulkan 3 poin dan dikuti oleh Jerman yang berada di posisi terakhir dengan 1 poin.  (as)