Chelsea Beri Kekalahan Pertama Untuk Manchester City

PREMIER LEAGUE: Chelsea Beri Kekalahan Pertama Untuk Manchester City – Dalam ajang kejuaraan bergengsi Liga Inggris Premier League musim 2018/2019 minggu ke-16 tim Chelsea dehadapkan dengan tim Manchester City, pertandingan antara dua tim ini dilangsungkan pada tanggal 09 Desember 2018 di Stamford Bridge Stadium. Pertandingan ini dimenangi oleh pihak tim tuan rumah Chelsea dengan skor akhir 2-0, satu gol dari N’Golo Kante dan satu gol lagi oleh David Luiz.

Sesungguhnya tim Manchester City lebih unggul dalam sepanjang pertandingan ini, namun keberuntungan lebih berpihak kepada pihak tim tuan rumah sehingga pertandingan berhasil dimenangi oleh tim Chelsea. Kekalahan ini merupakan kekalahan pertama bagi tim Manchester City dalam ajang Premier League musim ini, tercata dalam 15 pertandingan sebelumnya City mendapat 13 hasil menang dan 2 hasil imbang namun pada laga ke-16 nya mereka harus menerima sebuah hasil kalah dan karena kekalahan ini posisinya dalam papan klasemen harus tergeser dan digantikan oleh tim Liverpool dengan selisih angka 42:41.

Jalan Pertandingan

Pada babak pertama pertandingan dimulai dengan permainan agresif dari City, dalam waktu kurang dari 10 menit mereka telah berhasil melancarkan sat serangan berbahaya kepihak tim lawannya. Serangan ini datang dari sebuah umpan silang yang dilepaskan oleh Fernandinho didalam area kotak penalti, lalu Raheem Sterling yang berdiri tepat didepan gawang menyambut bola tersebut dengan tendangan tepat ke gawang, namun bola dengan sempurna berhasil masuk kedalam pelukkan kiper Kepa Arrizabalaga.

Memasuki pertengahan babak pertama dan skor awal 0-0 masih tetap tidak tergantikan. Menit-32 sebuah gol hampir dimasukkan oleh Leroy Sane, namun sayangnya tendangan yang ia lepaskan berhasil dihalau oleh pemain bertahan Cesar Azpilicueta. Pertandingan terus dilanjutkan dengan skor awal yang masih belum tergantikan hingga akhirnya sebuah gol pada akhir paruh waktu pertama yang berhasil dimasukkan oleh N’Golo Kante menjadikan babak pertama ini selesai dengan skor 1-0. Gol ini berhasil masuk berkat sebuah umpan silang yang dilepaskan oleh Eden Hazard dari sisi kiri kotak penalti yang kemudian disambut sebuah tendangan first-time dari Kante, tendangan tersebut membuat bola melayang masuk kedalam gawang.

Pertandingan dilanjutkan pada babak kedua, di babak ini Chelsea melancarkan sebuah serangan cepat melalui sebuah kerja sama antara Eden Hazard dengan Kante, akan tetapi kerja sama dari kedua pemain itu gagal membuahkan hasil. Masuk ke menit-53 Leroy Sane ditarik keluar kebangku cadangan dan lalu Gabriel Jesus dimasukkan untuk menggantikan posisinya. Setelahnya tim Chelsea terus menerus memberikan tekanan pada lini bpertahanan tim lawan namun pemainnya Jorginho harus diganjal dengan sebuah kartu kuning usai melakukan pelanggaran pada menit-63 karena melanggar Mateo Kovavic dengan keras. Karena hal ini Kovavic harus digantikan oleh Ross Barkley.

Memasuki menit ke-78 pertandingan sebuah gol baru dimasukkan oleh David Luiz untuk tim Chelsea. Berawal dari sebuah bola corner yang disepak oleh Hazard membuat bola melayang dengan akurat kedepan gawang, kemudian David Luiz yang melompat paling tinggi diantara semuanya menyambut bola corner tadi dengan sebuah sundulan yang mengarah ke gawang dan masuk menjadi sebuah gol. Skor sekarang 2-0 dan City akan semakin sulit untuk mengejar.

Disisa waktu babak kedua ini City dengan keras berusaha menciptakan gol untuk menyusul namun dipihak lain tim Chelsea dengan cerdik memanfaatkan situasi ini untuk mengulur waktu agar dapat memastikan kemenangan mereka. Sebuah kartu kuning sempat didapatkan oleh Pedro ketika menit-80 pertandingan. Setelah waktu normal pertandingan habis dan masa Injury Time lima menit yang diberikan wasit juga telah dilewati pertandingan pun diakhiri dengan skor 2-0. Chelsea berhasil meraih hasil menang telak 2-0 dalam laga ini.

Kondisi klasemen Liga Inggris terkini Liverpool menempati posisi pertama dengan total 42 poin, lalu diikuti oleh Manchester City yang baru saja turun ke posisi 2 dengan total 41 poin. Diposisi ketiga ada tottenham yang telah mengoleksi 36 poin, lalu pada posisi 4 dan 5 ada tim Chelsea dan Arsenal yang sama-sama telah mengumpulkan 34 poin dan hanya selisih gol yang membedakan peringkat mereka.  (as)