Italia Lawan Belanda Berakhir Imbang 1-1

 

TORINO : Italia Lawan Belanda Berakhir Imbang 1-1 – Pertandingan persahabatan jelang ajang Piala Dunia 2018 yang diadakan pada tanggal 5 Juni 2018 telah mempertemukan tim dari negara Italia dengan tim dari negara Belanda, kedua negara ini melangsungkan pertandingan di Allianz Stadium, Torino. Kedua tim ini bermain dengan sengit dan seimbang sejak awal pertandingan, pada babak pertama kedua tim mengakhiri permainan dengan skor tetap 0-0. Dibabak kedua timnas Italia berhasil lebih dulu unggul dengan skor 1-0 usai Simone Zaza memasukkan gol dimenit-67, namun sayang keunggulan yang didapati oleh tim Italia berhasil disusul oleh tim Belanda jelang akhir permainan pada menit-88 lewat gol yang dimasukkan oleh Nathan Ake.

Jalan Pertandingan

Pada babak pertama pemain dari masing-masing tim langsung bermain dengan serangan yang energik, saling menyerang kedua tim sama-sama mendapat kesulitan dalam mencetak gol kegawang lawan yang akhirnya membuat babak pertama pun berakhir dengan skor tetap 0-0. Sesungguhnya diawal permainan tim Italia sempat lebih dulu berhasil mencetak gol, tepatnya pada menit ke-4 Andrea Belloti berhasil memasukkan gol usai menerima umpan assist dari rekan setimnya Bryan Cristante, namun sayang gol tersebut dinyatakan tidak sah oleh wasit asal Rusia (Vladislav Bezborodov) dengan alasan Andrea Belloti telah berada diposisi offside sebelum memasukkan gol.

Bermain dibabak kedua kali ini timnas Italia berhasil kembali mencetak gol yang tidak dianluir oleh wasit pada menit-67, gol ini dimasukkan oleh Simone Zaza. Pemain dengan nomor punggung 7 ini berhasil memasukkan golnya tepat di depan gawang dengan menggunakan tackle kaki kirinya usai memanfaatkan umpan dari sisi kanan yang dilepaskan oleh Federico Chiesa, gol ini pun menjadi gol penyelamat bagi timnas Italia. Namun sayang hanya berselang 2 menit setelah gol ini masuk wasit Bezborodov langsung mengeluarkan kartu merah untuk Domenico Cristico karena tindakan Cristico yang memberikan tackle kepada seorang pemain dari timnas Belanda yang berada tepat didepan kotak penalti, alhasil tim Italia kini harus melanjutkan pertandingan dengan hanya 10 orang pemain termasuk kiper.

Menyadari kelemahan tersebut tim Belanda pun dengan cepat langsung memanfaatkanya dengan melancarkan lebnih banyak serangan kepada tim Italia. Sempat beberapa kali tim Belanda berhasil mengancam gawang tim Italia, namun masih berhasil diselamatkan oleh kiper Mattia Perin. Menjelang akhir permainan harapan tim Italia untuk menang di pertandingan ini pun menjadi sirna setelah Nathan Ake memasukkan sebuah gol untuk timnas Belanda dimenit-88.

Gol ini berawal dari umpan lambung yang dilepaskan oleh Steven Berghuis ke tengah kotak penalti, Nathan Ake yang pada saat itu tepat berada di posisi pun langsung melompat dan menyundul bola dengan kepalanya, kiper Mattia yang pada saat itu telah mati langkah pun hanya dapar diam tidak berkutik dan melihat bola dengan mulus masuk ke dalam gawangnya. Berkat gol ini tim Belanda pun berhasil menyamakan kedudukan dan kedudukan 1-1 ini pun tetap bertahan hingga waktu pertandingan berakhir.  ( as )