Kualifikasi Piala Eropa: Spanyol Menang Tipis atas Norwegia

Kualifikasi Piala Eropa 2020 – Tiga angka dikantongi Spanyol di laga pertama Kualifikasi Piala Eropa 2020. Berhadapan dengan Norwegia Spanyol menang tipis dengan skor 2-1. Melakoni laga Grup F, Spanyol menjamu Norwegia di Stadion Mestalla, Senin ( 24 Maret 2019 ) dinihari WIB.

La Furia Roja mendominasi permainan dari awal sampai akhir. Statistik ESPNFC mengungkapkan, Spanyol memiliki keunggulan penguasaan bola mencapai 75 % dibanding Norwegia yang hanya 25%. Tim besutan Luis Enrique itu juga melahirkan banyak peluang yaitu 26 percobaan dengan 11 di antara mengarah ke sasaran.

Meski begitu hanya satu gol dari open play yang bisa diciptakan Spanyol di pertandingan ini. Sedangkan Norwegia menciptakan empat percobaan yang dua diantaranya mengarah ke sasaran. Spanyol memulai pertandingan dengan menjanjikan setelah Rodrigo menggetarkan gawang Norwegia di menit ke-16.

Bekerja sama dengan Marco Asensio, Jordi Alba mengirim umpan silang akurat kepada Rodrigo yang diteruskan sontekan dari jarak dekat. Spanyol memimpin 1-0. Norwegia melewatkan peluang menyamakan skor dimenit ke-31. Markus Henriksen melepaskan umpan silang mendatar di depan gawang di luar jangkauan David de Gea.

Tarik Elyounoussi tinggal mensontek bola ke gawangf, tapi sentuhannya justru membuat bola keluar. Spanyol hampir memperbesar skornya dua menit kemudian. Dari set-piece Dani Parejo mengim umpan kepada Alvaro Morata untuk diteruskan dengan sundulan keras.

Kiper Runer Jarstein merentangkan badannya untuk membuat penyelamatan gemilang. Setelah turun minum, Norwegia mendapatkan bentuk permainannya sehingga mampu membuat Spanyol dalam tekanan di menit – menit awal. Pelanggaran Inigo Martinez kepada Johnsen memaksa wasit menunjuk titik putik.

Joshua King maju sebagai eksekutor dengan melepaskan tembakan keras. De Gea bisa menebak arah bola, tapi aliran bola begitu deras sehingga tak mampu dicegahnya. Skor 1-1 di menit ke-65. Spanyol merespons secara instan. Hanya enam menit kemudian, Spanyol berhasil unggul kembali dengan kedudukan 2-1.

Diawali dari kesalahan back-pass, Morata bisa merebut bola. Wasit menghadiahi Spanyol setelah Morata dijatuhkan Jarstein. Bek sekaligus kapten Spanyol Sergio Ramos melakukan penalti panenka.

Spanyol bermain lebih santai, sedangkan Norwegia kesulitan merebut bola. Di masa ijury time, Norwegie menciptakan ancaman – ancaman dari sepak pojok tapi Spanyol mampu bertahan dari ancaman tersebut untuk menjaga keunggulannya hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Spanyol duduk di posisi kedua klasemen grup dengan posisi kedua dengan nilai tiga poin sama dengan Malta {1} dan Swedia {3}. Norwegia berada di urutan kelima tanpa poin di bawah kepualuan Faore {4} dan ROmania {6}. (ww)