Liverpool Berhasil Mengamankan Posisi Pertama Lewat Kemenangan 3-1

PREMIER LEAGUE: Liverpool Berhasil Mengamankan Posisi Pertama Lewat Kemenangan 3-1 – Laga ke 17 dalam ajang Liga Inggris Premier League yang diadakan pada tanggal 16 Desember 2018 telah mempertemukan tim dengan julukkan The Reds yaitu Liverpool melawan tim bernama setan merah Manchester United. Pertandingan ini diadakan dilapangan milik tim Liverpool yakni Anfield Stadium, dan pertandingan ini mendapati hasil akhir 3-1. Pada awalnya dibabak pertama kedua tim sama-sama mendapatkan sekor imbang 1 sama, namun dibabak selanjutnya Liverpool berhasil meninggalkan MU dan membuat skor menjadi 3-1.

Jalan Pertandingan

Pada babak pertama tim Manchester United mengawali permainan dengan sebuah serangan kilat yang dalam waktu sekejap berhasil menembus masuk kedalam lini pertahanan tim Liverpool yang kemudian bola dituntaskan oleh Romelu Lukaku hingga masuk kedalam gawang, akan tetapi sayangnya gol tersebut dibatalkan karena sebuah offside yang terjadi sebelum bola masuk kedalam gawang.

Skor awal 0-0 terus berlanjut pada babak pertama ini hingga akhirnya sebuah gol yang berhasil disarangkan kedalam gawang oleh Sadio Mane pada menit ke-24 pertandingan memecahkan situasi ini. Berawal dari sebuah bola yang dilempar masuk oleh Andrew Robertson kepada Roberto Firmino di sisi kiri lapangan, lalu bola dioper kebelakang dan diterima oleh Fabinho, dengan singkat bola langsung dikirim ketengah area kotak penalti lawan dan pada saat itu Sadio Mane berhasil menerima bola dengan dadanya dan lalu melepaskan tendangan dengan kaki kirinya yang berhasil membuat bola masuk menghantam bagian dalam gawang.

Tim Liverpool sempat bergembira ketika gol ini berhasil dimasukkan, namun kegembiraan mereka ini sirna dalam waktu kurang dari 10 menit. Jesse Lingard berhasil mencetak gol pada menit-33, pemain yang lahir di Warrington ini berhasil membuat keadaan kembali berimbang. Diawali dengan sebuah crossing singkat yang dilakukan oleh Romelu Lukaku disisi kiri kotak penalti milik Liverpool dan kemudian diakhiri dengan sebuah umpan silang yang dikirimkan kedepan gawang, kiper Alisson Becker denga reflek nya pun langsung melompat dan berusaha menghalangi jalur bola akan tetapi usahanya tersebut bola membuat bola dengan akurat langsung mengarah kepada Jesse Lingard. Lingard yang tidak menyianyiakan kesempatan tersebut pun langsung membuat bola melayang masuk kedalam gawang dan menjadikan skor 1-1. skor 1-1 ini terus bertahan hingga babak pertama ini selesai.

Dibabak kedua kedua tim sama-sama bermain dengan lebih banyak melancarkan serangan, namun mereka juga tidak lupa dengan apa yang telah terjadi dibabak sebelumnya sehingga tingkat pertahanan mereka juga semakin menigkat. Permainan terus berlanjut tanpa ada gol yang berhasil dimasukkan hingga saat pertandingan telah memasuki menit ke-73 barulah sebuah gol yang berhasil dimasukkan oleh Xherdan Shaqiri tercipta dan menjadi gol pertama pada babak kedua ini. Berawal dari sebuah bola tendangan Sadio Mane yang berhasil dihalau oleh kiper David de Gea, bola kembali memantul kearah Nathaniel Clyne, Clyne bersiap-siap akan menendang bola akan tetapi tiba-tiba saja dari belakang Shaqiri datang dan menyambut bola dengan tendangan yang cukup keras, bola menghantam tiang atas gawang dan memantul masuk kedalam menjadi sebuah gol.

Kurang dari sepuluh menit Shaqiri kembali memasukkan satu gol untuk Liverpool, lebih tepatnya pada menit ke-80 gol kedua milik Shaqiri berhasil dimasukkan. Diawali dengan sebuah operan bola yang dilakukan oleh Shaqiri ke Firmino didepan kotak penalti, bola kemudian digeser kesamping kiri oleh Firmino. Mo Salah yang gagal menerima bola sempat ingin mengejar akan tetapi niatnya itu dibatalkan karena Shaqiri yang telah bergerak maju dan menghajar bola dengan sepakan kaki kirinya. Bola sempat bergesekkan sedikit dengan kaki Eric Bertrand Bailly sebelum akhirnya masuk menjadi sebuah gol.

Skor yang baru saja berubah menjadi 3-1 ini terus bertahan hingga akhir waktu babak kedua dan menjadi hasil akhir dari pertandingan ini. Berkat kemenangan ini Liverpool berhasil kembali naik dan menempati posisi pertama dalam Klasemen Liga Inggris dengan total 45 poin yang telah berhasil dikumpulkan, namun tepat dibawahnya ada Manchester City yang telah berhasil mengoleksi 44 poin (selisih 1 poin). Dipihak lain Manchester United harus tetap pada posisi sebelumnya dengan jumlah 26 poin yang masih sama dengan sebelumnya.  (as)