Manchester City Menang Penuh Atas Fulham

LIGA INGGRIS : Manchester City Menang Penuh Atas Fulham – Pertandingan minggu ke lima dalam ajang Liga Inggris Premier League tahun 2018/2019 telah memperjumpakan Manchester City dengan Fulham pada tanggal 15 September 2018 di Stadium Etihad, pertandingan ini berakhir dan ditutup dengan hasil akhir 3-0. Manchester City berhasil meraih kemenangan ini berkat gol-gol yang sukses dimasukkan oleh Leroy Sane dan David Silva pada babak pertama, lalu Raheem Sterling memberikan tambahan satu gol pada babak kedua.

Dalam pertandingan ini, Pep Guardiola melakukan perubahan dibandingkan saat menaklukkan Newcastle pada minggu kemarin. Guardiola memainkan formasi 4-3-3 dalam pertandingan ini. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu juga langsung memasukkan beberapa pemain intinya seperti; Fabian Delph, Leroy Sane, Nicolas Otamendi mulai sejak menit satu babak pertama.

Demikian sebaliknya, pihak tim Fulham cuma membuat sedikit perbedaan saja dibandingkan dengan minggu kemarin. Timnya masih tetap memakai formasi 4-3-3, Slavisa Jokanovic selaku pelatih tim fulham hanya melakukan perubahan di bagian pemain bertahan sebelah kiri-nya serta pada posisi pemain gelandang-nya. Pada posisi bek kiri yang awalnya di isi oleh Maxime Le Merchand kini dihuni oleh Ryan Sessegnon.

Pada babak pertama, Manchester City yang menjadi tuan rumah sukses memimpin permainan lewat gol cepat yang dimasukkan Leroy Sane di menit ke-2. The Citizens melipatgandakan keunggulannya menjadi 2-0 lewat gol yang berhasil dicetak David Silva saat menit ke-21. Gol itu adalah gol ke-50 yang berhasil dimasukkan oleh David Silva dalam ajang Liga Inggris. Skor 2-0 ini pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua kubu Manchester City lagi-lagi berhasil menambah jarak menjadi 3-0 lewat gol yang berhasil dimasukkan Raheem Sterling pada menit-32. Gol ke-3 City ini bermula dari tindakan Sergio Aguero yang berjalan maju. Striker profesional asal Argentina itu melepaskan sebuah umpan silang yang berhasil mengelabui beberapa pemain Fulham. Umpan silang Aguero pas ke arah ruang penjaga gawang. Raheem Sterling yang telah berada tepat diposisi bola mengarah pun dengan mudahnya berhasil menjebloskan bola masuk kedalam gawang. Seketika setelah gol ini masuk Skor pada papan pun berganti menjadi 3-0 untuk City.

Di menit ke-55, pemain cadangan Gabriel Jesus mendapatkan kesempatan. Karena kerja sama David Silva serta Sane, striker asal Brazil itu berhasil menerima umpan silang didalam area kotak penalti. Akan tetapi Jesus tidak berhasil mengoptimalkan peluang tersebut.

Fernandinho gantian memberikan ancaman ke gawang Fulham pada menit-59. Gelandang yang berasal dari Brazil ini melepaskan sebuah tendangan keras kearah gawang dari luar arae kotak penalti. Namun, sayangnya tendangan tersebut masih sedikit melebar dari arah gawang.

Pada menit-81, City yang bermain dengan semakin benyak mendapatkan peluang emas. Gabriel Jesus yang berhasil bebas dari posisi offside berlari maju kearah kotak penalti Fulham. Kemudian Striker asal Brazil itu pun mengirimkan umpan kepada Bernardo Silva yang telah berada didalam kotak penalti. Akan tetapi tendangan Bernardo Silva melambung sangat tinggi hingga gagal berhenti pada tujuan.

Semenit sebelum bubaran, Fulham mencoba memberikan ancaman ke gawang Ederson. Aleksandar Mitrovic coba lakukan tembakan seusai menerima umpan bola dari Ryan Sessegnon. Akan tetapi tembakan dari Mitrovic dapat dengan mudah berhasil dimentahkan oleh kiper Ederson hingga akhirnya bola bergulir keluar lapangan dan menjadi sebuah bola sepak pojok untuk kubu Fulham.

Tak lama kemudian bunyi peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan pun terdengar dan skor 3-0 pun menjadi hasil akhir dari laga ini. Tercatat sepanjang laga pertandingan ini, City bermain dengan penguasaan bola sebesar 64% serta tercatat sukses melepaskan 25 tembakan. Dipihak lain Fulham tercatat memiliki jumlah penguasaan bola sebesar 36% dan berhasil melepaskan 7 tembakan.  (as)