Perancis Masuk Babak Final Usai Kalahkan Belgia 1-0

SAINT PETERSBURG : Perancis Masuk Babak Final Usai Kalahkan Belgia 1-0 – Babak Semi Final ajang Piala Dunia 2018 telah dimulai pada tanggal 11 Juli 2018. Pertandingan ini dimainkan oleh Perancis dan Belgia di Stadium Saint Petersburg pada hari Rabu (dini hari) dan ditutup dengan hasil 1-0 kemenangan tipis untuk Perancis.

Jalan Pertandingan

Wasit Andres Cunha asal Uruguay meresmikan pertandingan babak Semi Final pertama ini dengan sebuah tiupan peluit dan kick-off pertama untuk kubu Perancis. Perancis yang mendapat kick-off pertama ini langsung dengan cepat melancark serangan ke pihak lawannya, namun Belgia yang menjadi tim lawannya juga tidak tinggal diam dan langsung membendung serangan tersebut dengan para pemain bertahannya.

Beberapa menit kemudian permainan dikuasai oleh kubu Belgia, Kevin De Bruyne memimpin serangan dari tengah dan melepaskan umpan kedalam area kotak, namun umpan gagal diterima oleh rekan setimnya sehingga serangan tersebut tidak menjadi apa-apa. Tidak lama kemudian timnya kembali menyeran, kali ini Eden Hazard yang membawa serangan. Hazard yang dari samping membawa bola dan kemudian melepaskan umpan kedalam kotak penalti, namun lagi-lagi bola berhasil dihentikan oleh pemain Perancis sehingga bola gagal menjadi sebuah ancaman.

Pertandingan sengit antara kedua tim ini terus dilanjutkan dengan saling mengirim serangan kearea masing-masing musuh, kedua tim sempat beberapa kali mengancam gawang milik tim lawannya, namun tidak ada satupun yang benar-benar berakhir sebagai sebuah gol hingga akhirnya babak pertama harus berakhir dengan skor tetap 0-0 untuk kedua belah pihak tim.

Usai kedua tim kembali dari ruang pemain babak kedua dimulai. Pada babak ini Perancis langsung berhasil membuat keunggulan menjadi 1-0 lewat gol yang berhasil dimasukkan oleh Samuel Umtiti, gol yang terjadi pada menit ke-51 merupakan gol pertama sepanjang laga pertandingan ini. Berawal dari Antoine Griezmann melepaskan tendangan yang membuat bola mengarah ke depan gawang, Umtiti kemudian bergerak dengan cepat guna keluar dari kepungan pemain bertahan Belgia dan kemudian melompat tinggi lalu mengeksekusi bola dengan sundulannya, bola pun melaju dengan cepat masuk ke dalam gawang dan menjadi gol untuk kubu Perancis.

Pertandingan kembali dilanjutkan dengan skor sementara dipimpin oleh Perancis 1-0. Usai gol yang berhasil dimasukkan oleh Umtiti para pemain dari tim Belgia tampak lebih kurang semangat dan juga Eden Hazard yang berposisi sebagai kapten tim tampak sedikit frustasi karena tidak mendapat kesempatan untuk menyamakan kedudukan.

Memasuki menit ke-63 Eden Hazard harus menerima sebuah kartu kuning dari wasit karena telah menjatuhkan Matuidi. Namun tidak lama setelahnya justru bola berhasil dikuasai oleh pihak Belgia, tanpa membuang waktu pemain Belgia langsung maju dan menekan pertahana tim Perancis. Dries Mertens yang membawa bola berhasil mendekati area kotak musuh langsung mengirimkan umpan kepada Fellaini, dengan cepat Fellaini melompat dan menyundul bola, akan tetapi sayangnya bola gagal masuk kedalam gawang karena masih melebar dari jalurnya.

Hingga menjelang akhir permainan babak kedua skor terus tetap berada pada titik 1-0 yang dipimpin oleh kubu Perancis. Menyadari akan hal ini Perancis pun mulai memperlambat permainannya guna mengulur waktu hingga pertandingan berakhir. Waktu pertandingan pada babak kedua kini pun telah habis dan sekarang telah memasuki masa Injury Time. Setelah menghabiskan beberapa menit dimasa Injury Time dan skor masih belum mengalami perubahan wasit Andres Cunha pun mengambil keputusan untuk mengakhiri pertandingan ini dengan skor 1-0 dan menyatakan bahwa Perancis resmi menang dalam pertandingan ini serta lolos masuk ke babak final.

Kini tersisa satu pertandingan lagi antara Kroasia dengan Inggris yang akan menentukan tim dari negara manakah yang akan mengisi posisi dalam pertandingan babak final dan pertandingan memperebutkan juara ketiga nanti.  (as)