Portugal Kalahkan Italy 1-0

UEFA : Portugal Kalahkan Italy 1-0 – Laga pertandingan antara Portugal dengan Italy dalam ajang UEFA Nations League telah dilangsungkan pada tanggal 11 September di Stadion da Luz dan ditutup dengan hasil akhir 1-0, menang Portugal. Kemenangan Portugal ini datang dari gol semata wayang yang berhasil dimasukkan oleh Andre Silva pada menit ke-48.

Jalan Pertandingan

Pada babak pertama pertandingan diakhiri dengan skor tetap 0-0, dalam catatan statistik ditunjukkan bahwa tim Portugal yang menjadi kubu tuan rumah unggul penguasaan bola hingga 59%, namun meski begitu tendangan yang tepat kegawang lebih banyak didapat oleh pihak tim tamu Italy dengan perbandingan 2 banding 1.

Awalnya tim tuan rumah langsung memainkan permainan tajam yang berhasil menjebol lini pertahanan tim lawan pada menit ke-5. Berawal dari umpan yang dikirimkan oleh Ruben Neves, lalu bola berhasil disambut William Carvalho, akan tetapi sangat disayangkan peluang tersebut gagal dimaksimalkan oleh Carvalho.

Menit ke-27 Portugal nyaris membuat keunggulan lewat usaha Bernardo. Awalnya bola sundulan Carvalho gagal disambut oleh Donnaruma, namun untungnya bola berhasil jatuh dikaki Bernardo. Selanjutnya Bernardo melepaskan tendangan kearah gawang, akan tetapi bola gagal masuk karena berhasil dihentikan Alessio Romagnoli.

Memasuki 10 menit terakhir Andre Silva dijatuhkan didalam area kotak dan tim Portugal pun memnita hadiah penalti, namun wasit mengacuhkan keinginan dari pihak tim Portugal karena baginya itu tidak terlihat seperti sebuah pelanggaran. Setelahnya pertandingan pun dilanjutkan dengan skor 0-0 yang masih belum tergantikan hingga babak pertama selesai.

Permainan dilanjutkan pada babak kedua, di babak ini Portugal sukses mencetak keunggulannya saat pertandingan baru berjalan 3 menit. Berawal dari sebuah kemelut yang terjadi ditengah lapangan dan entah bagaimana bola berhasil jatuh dikaki Bruma. Bruma yang mendapat bola pun langsung melesat maju kearah kotak penalti musuh. Setelah sampai didalam kotak dan dihadang oleh pemain lawan Bruma pun mengirimkan umpan silang kepada Andre Silva yang berada disisi kanannya, kemudian pemain dengan nomor punggung 9 itu berhasil menerima bola dan langsung melepaskan tendangan keras yang berhasil mengoyak jaring gawang lawannya.

Lima menit kemudian kubu Portugal kembali mendapat peluangnya untuk menambah angka. Kesempatan ini didapat oleh Bernardo Silva yang sukses menerima umpan didalam kotak, lalu bola itu ditembakkan kearah pojok gawang akan tetapi tembakkan tersebut tak menghasilkan apapun karena aksi penyelamatan Donnarumma yang cukup apik terhadap gawangnya. Dimenit ke-67 Portugal kembali memberi ancaman, kali ini Pizzi yang berhasil membawa bola masuk kedalam area kotak melepaskan tendangan keras sudut tiang gawang, namun lagi-lagi tim Portugal tidak mendapatkan hasil apapun karena aksi penyelamatan apik yang dilakukan Donnarumma.

Memasuki menit ke-70 hingga menit-80 terlihat kubu Portugal lebih memilih untuk bermain bertahan daripada menyerang. Hal ini dapat dilihat dengan jelas disaat lima pemain bertahan Portugal yang berdiri sejajar ketika menghadapi serangan dari tim Italy. Dalam 10 menit ini kubu tim Italy telah berulang kali melancarkan serangan, namun peluang terbaik yang berhasil didapat mereka ada pada menit ke-78. Pada saat itu kubu Italy mendapat kesempatan tendangan pojok, bola pojok ini dikirimkan kedepan gawang dan disambut dengan sundulan pemain tim Italy, namun sayangnya bola hasil sundulan itu masih melambung sedikit tinggi dan melewati mistar gawang.

Menjelang akhir pertandingan tim tuan rumah kembali bermain menyerang, timnya berhasil kembali memberikan ancaman kepada tim tamu. Renato Sanches yang memiliki bola didalam area kotak penalti musuh melepaskan tendangan datar kearah gawang, namun bola berhasil dihalau Donnarumma dan gol kembali gagal diciptakan.

Beberapa menit kemudian terdengar suara peluit panjang dibunyikan yang berarti menandakan pertandingan ini telah diakhiri dengan skor 1-0 dan kubu tim Portugal lah yang keluar sebagai pemenangnya. Dengan hasil menang ini Portugal pun sementara berhasil memimpin diposisi pertama dengan total 3 poin dalam ajang UEFA Nations League A Group 3 dan disusul dengan Polandia yang berada diposisi kedua dengan total 1 poin.  (as)