Rusia Taklukkan Arab Saudi 5-1 Dalam Babak Pembukaan World Cup 2018

MOSCOW : Rusia Taklukkan Arab Saudi 5-1 Dalam Babak Pembukaan World Cup 2018 – World Cup 2018 yang diadakan di Rusia telah resmi dimulai pada tanggal 14 Juni 2018. Dalam Acara pembuka tuan rumah Rusia yang berada didalam Grup A pun melangsungkan pertandingan dengan Arab Saudi di Stadion Luzhniki.
pertandingan ini berlangsung dengan seru dan cukup seimbang dalam pembawaan bola, namun dalam segi kesempatan mencetak gol Rusia lah yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan Arab Saudi. Tercatat dalam pertandingan ini Rusia sukses melakukan shoot sebanyak 14 kali, 7 diantaranya tepat ke gawang, dan 5 diantaranya sukses berbuah gol. Sedangkan di pihak Arab Saudi sendiri tercatat berhasil melakukan shoot sebanyak 6 kali, namun tidak ada satupun yang tepat ke gawang atau berbuah gol.

Jalan Pertandingan

Dibabak pertama tim tuan rumah terlihat sangat menguasai lajunya pertandingan dan sempat beberapa kali menekan pertahanan dari tim Arab Saudi. Memasuki menit ke-12 barulah Rusia sukses menghasilkan gol pertama pada lagai pertandingan ini, gol ini dimasukkan oleh Yury Gazinsky. Bermula dari Aleksandr Golovin yang memberikan umpan jauh dari luar kotak penalti, kemudia Gazinsky yang tepat berada di posisi pun melompat dan menanduk bola dengan kepalanya, bola tandukkan Gazinsky pun sukses masuk dengan mulus ke dalam gawang yang di jaga oleh kiper Abdullah Al-Mayouf.

Unggul 1 angka diawal permainan tidak membuat tim Rusia mengundurkan intensitas serangannya, namun tim Arab Saudi sendiri juga tidak ingin mengalah dan berusaha bangkit dari tekanan itu. Perlahan-lahan Arab Saudi berhasil keluar dari tekanan dan akhirnya pun sempat menekan balik tim Rusia. Kedua tim ini pun terus saling memberikan serangan namun tidak ada gol yang tercipta hingga menjelang akhir babak pertama barulah tercipta gol baru dalam babak ini, gol ini berhasil dimasukkan oleh kubu Rusia lewat tendangan kaki kiri Denis Cheryshev pada menit-43.

Berawal dari Roman Zobnin yan memberikan umpan kepada Cheryshev dari tepi garis kotak penalti, Cheryshev kemudian berhasil menerima umpan bola tersebut, usai menerima umpan Cheryshev di halau dengan dua tackle dari pemain tim lawan, namun dengan cerdik Cheryshev menarik mundur sedikit bola dan bergeser ke arah kanan lalu melepaskan tendangan ke gawang dengan kaki kirinya, kiper yang pada saat itu telah bergerak maju pun mati langkah dan tidak dapat menghentikan bola yang melaju menjadi sebuah gol. Gol ini menjadi gol penutup pada babak pertama ini.

Dilanjutkan pada babak kedua tim Arab Saudi yang sebelumnya telah tertinggal 2-0 di babak pertama tampak bermain dengan lebih baik di babak ini. Arab Saudi lebih menguasai laju permainan di babak ini, namun walau begitu timnya masih tetap kesulitan dalam membangun serangan dan mendapat peluang untuk mencuri angka, justru Rusia yang lebih dominan dalam bermain bertahan sempat mendapat beberapa peluang untuk menambah keunggulan ketika memberi serangan balik, namun peluang-peluang tersebut masih berhasil di anulir oleh kiper Al-Mayouf dari tim Arab Saudi.

Masuk dimenit ke-71 akhirnya tercipta gol baru untuk tim Rusia, kali ini Artem Dzyuba yang berhasil mencatakan namanya di papan skor. Bermula dari umpan lambung yang dilepaskan oleh Golovin dari sisi kanan kotak penalti, Dzyuba yang tepat di posisi pun langsung menyambut umpan dengan sundulannya dan bola pun berakhir dengan menghantam jaring gawang bagian dalam.

Skor kini masih dipimpin okleh Rusia dengan keunggulan 3-0 atas Arab Saudi dan pertandingan di babak kedua pun terus dilanjutkan. Kedua pihak tim sama-sama terus meningkatkan ritme permainan didalam lapangan, namun tidak ada satu tim pun yang mendapat tamabahan angka. Waktu dibabak kedua telah berakhir dan kini telah memasuki masa Injury Time, pada masa Injury Time ini tim Rusia tiba-tiba melancarkan serangan yang sangat tajam dan dengan cepat serangan tersebut pun berhasil membuahkan 1 gol. Gol ini dimasukkan oleh Cheryshev pada menit pertama masa Injury Time, Cheryshev yang berhasil mendapat bola didekat kotak penalti langsung maju dan tidak lama melepaskan tendangan dari jarak jauh. Tendangan jarak jauh yang dilepaskan dengan kuat oleh Cheryshev pun dengan mulus berhasil masuk ke pojok kanan gawang dan menjadi gol ke-4 untuk Rusia.

Rusia yang kini telah unggul 4-0 pun sudah dapat dipastikan menang dalam laga ini, namun tidak disangka beberapa menit usai Cheryshev mencetak gol tim Rusia kembali menambahkan angka dibabak ini. Kali ini yang menjadi bintang adalah Aleksandr Golovin, Golovin sebelumnya telah mencatatkan 2 kali assist dalam laga ini. Gol ini berhasil dimasukkan Golovin ketika dirinya mengeksekusi bola bebas di depan kotak penalti pada masa Injury Time. Gol yang dimasukkan oleh Golovin pun menjadi penutup pertandingan. Pertandingan ini pun mendapati hasil akhir 5-0 untuk kemenangan telak Rusia atas Arab Saudi. Setelah ini Rusia akan menghadapi Mesir pada tanggal 20 Juni 2018 nanti, ditanggal 20 Juni ini juga akan menjadi hari untuk Arab Saudi bertanding dengan Uruguay.  ( as )