Uruguay Mengalahkan Portugal Dengan Skor 2-1

WORLD CUP : Uruguay Mengalahkan Portugal Dengan Skor 2-1 – Ajang Piala Dunia Rusia 2018 yang kini telah sampai pada tahap babak 16 besar atau perdelapan final telah resmi dibuka. Ajang pertandingan yang diselenggarakan oleh FIFA pada tanggal 1 Juli 2018 telah mempertemukan timnas Uruguay dengan timnas Portugal, pertandingan ini diselenggarakan di Fisht Stadium.

Diawal pertandingan Uruguay mengawali dengan permainan yang sangat bagus dan terarah sehingga pertandingan yang belum genap berjalan 10 menit dibabak pertama itu sudah berhasil diwarnai oleh sebuah gol dari pihaknya. Tepatnya dimenit ke-7 Edinson Cavani yang berposisi sebagai pemain penyerang berhasil mencatatkan namanya dipapan skor sebagai pencetak gol pertama pada laga ini.

Gol ini bermula dari crossing yang dilakukan oleh Luis Suarez, Suarea yang sampai ditepi garis putih dihadang oleh pemain belakang kubu Portugal, namun dirinya yang tidak tinggal diam itu melihat sebuah kans dimana ia melihat rekan setimnya Edinson Cavani yang telah sampai didepan gawang dan tidak terkawal. Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut Suarez pun langsung mengirimkan umpan lambung ke arah Cavani, Cavani yang sejak tadi telah menunggu datangnya bola pun dengan semangat langsung melompat tinggi dan menyambut bola dengan sundulan kepalanya, kiper Rui Patricio yang kalah cepat pun gagal menyelamatkan gawangnya sehingga skor diawal pertandingan pun menjadi 1-0.

Tertinggal 1 angka diawal permainan pun membuat skuad Portugal tidak tinggal diam dan langsung melancarkan serangan balik. Berkali-kali para pemain tim Portugal menekan permainan pihak tim Uruguay dan juga sempat beberapa kali mendapatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan, namun dari semua kesempatan yang didapat tidak ada satupun yang berhasil berbuah menjadi gol bagi kubu Portugal hingga istirahta turun minum.

Setelah kembali dari ruang pemain kedua pihak tim pun kembali memulai pertandingan dibabak kedua. Dibabak ini Uruguay tampak memulai gerakan dan sesekali memberikan serangan ke tim musuh, meski serangan yang dilancarkan oleh tim Uruguay tidak banyak tetapi terlihat jelas bahwa serangan-serangan tersebut sangat berbahaya dan berhasil mengancam gawang tim Portugal.

Memasuki menit-55 akhirnya Portugal berhasil membuat kedudukan kembali seimbang setelah Kepler Laveran Lima Ferreira atau yang lebih dikenal dengan nama Pepe. Berawal dari Rapahel Guerreiro yang berada di sisi kiri luar kotak penalti mengirimkan umpan lambung ke tengah kotak penalti, Pepe yang telah berada diposisi pun melompat dan berhasil menyundul bola setelah berebut kesempatan dengan para pemain berkaos biru, berkat sundulan Pepe skor pun kini kembali menjadi imbang.

Namun skor imbang 1 sama ini ternyata tidak bertahan lama, Uruguay yang tidak ingin kalah di laga ini langsung bergerak cepat dalam memberikan serangan balasan dan hanya dalam waktu kurang dari 10 menit timnya berhasil kembali membalikkan kedudukan menjadi 2-1, Edinson Cavani yang berhasil kembali menjadi bintang dalam gol ini. Diawali oleh Rodrigo Bentancur yang membawa bola maju sampai mendekati area kotak, berada tepat didepan kotak penalti dirinya mengumpankan bola kesisi kiri, Cavani yang tepat diposisi pun menerima bola dan melepaskan tendangan dengan kaki kanan didalam kotak penalti, bola hasil tendangan Cavani pun seketika masuk menjadi gol.

Setelah skor menjadi 2-1 Uruguay pun bermain degan lebih defensive. Memasuki pertengahan babak kedua kedua regu im sama-sama melakukan pergantian pemain, di kubu Uruguay timnya menarik keluar sang bintang lapangan malam ini Edinson Cavani dan digantikan dengan Christian Stuani, sedangkan di kubu Portugal mereka menggantikan Goncalo Guedes dengan Andre Silva. Beberapa menit setelahnya Uruguay kembali melakukan pergantian pemain, kali ini Bahitan Nandez yang ditarik keluar dan Carlos Andres Sanchez yang masuk menggantikannya.

Meski kedua tim telah beberapa kali melakukan pergantian pemain namun jalannya pertandingan tidak banyak berubah terlebih skor yang tetap bertengger di titik 2-1 untuk pihak Uruguay. Skor ini pun terus bertahan hingga waktu babak kedua habis dan memasuki masa Injury Time. Setelah melewati beberapa menit dimasa Injury Time namun skor masih tidak ada perubahan dan akhirnya wasit pun mengakhiri pertandingan ini dengan skor 2-1 kemenangan bagi Uruguay.

Dengan kemenangan ini sudah dapat dipastikan Uruguay akan memasuki tahap babak perempat final dan akan berhadapan dengan timnas Perancis nantinya dibabak perempat final. Sedangkan untuk timnas Portugal yang mengalami kekalahan sama seperti timnas Argentina yang juga mengalami hasil yang sama pada laga terakhirnya dengan Perancis harus angkat kaki dari ajang Piala Dunia tahun ini dan pulang ke tanah airnya.  ( as )